oleh

Pengadilan di Rusia Dakwa Orang Mati

Kabar6-Sergei Magnitsky, seorang akuntan dan auditor yang ditemukan meninggal pada tahun 2009 di penjara Butyrka, kemarin didakwa Pengadilan Distrik Tverskoy, Moskow.

Harian Telegraph melaporkan, selain dituduh menandatangani dokumen palsu, Magnitsky didakwa karena terlibat dalam aksi penghindaran pembayaran pajak.

“Dia menghindari pembayaran pajak berdasarkan instruksi direktur perusahaan investasi Hermitage Capital, yakni William Browder,” kata Jaksa Penuntut seperti dilansir Telegraph, Kamis (11/7/2013).

Pengadilan dalam keputusannya kemarin menyatakan kasus Magnitsky ditutup karena terdakwa telah meninggal. Namun, pengadilan menolak merehabilitasi nama baiknya.

Dmitry Kharitonov, pengacara keluarga Magnitsky mengatakan tidak terkejut mendengar keputusan hakim pengadilan.

Kepada kantorĀ  berita hukum RAPSI, Dmitry mengungkapkan, kasus Magnitsky sempatmenjadi sorotan media internasional lantaran awalnya ia menuduh Kementerian Dalam Negeri Rusia telah melakukan penggelapan pajak senilai US$ 235 juta atau Rp 2,3 triliun.

Magnitsky setelah melaporkan penggelapan pajak kementerian dalam negeri, ia ditangkap dengan tuduhan serupa di perusahaan tempatnya bekerja. Kemudian ia ditahan di penjara Butyrka pada tahun 2008.

Setelah ditahan selama 358 hari, Magnitsky kemudian dilaporkan meninggal di penjara Butyrka pada tahun 1990 karena penyakit yang tak dapat didiagnosa.

Menurut Browder yang juga diadili bersama Magnitsky, selama dipenjara Magnitsky disiksa hingga tewas dengan cara dipukul dan tidak mendapat perawat medis yang memadai.(yps)

Berita Terbaru