oleh

Pembobol ATM di Serpong, Penjahat Antar Provinsi

Kabar6-Kawanan pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang diringkus petugas Polsek Serpong, kiranya bukan penjahat abal-abal. Faktanya, kawanan itu pernah melakukan aksi serupa di sejumlah kota besar di Indonesia.

Ya, hasil pemeriksaan mengungkap bahwa selain di Serpong, komplotan tersebut kiranya sudah beraksi 26 kali disejumlah kota besar, seperti di Jambi, Pekanbaru, Bengklu, serta Palembang. Umumnya, yang disasar adalah mesin ATM di kawasan Alfamart.

Kanit Reskrim Polsek serpong, AKP Toto Daniyanto mengatakan, komplotan yang beranggotakan 5 orang itu masing-masing adalah, A. M. Aini (38), Edi Buan alias Edi (44), Marjani alias Janu (39), Edi Bidin alias Uding (44) dan Saipul (35).

“Saat ini, kelima pelaku sedang kami periksa lebih lanjut di Mapolsek,” ujar Kanit Reskrim Polsek serpong, AKP Toto Daniyanto, Minggu (11/5/2014).

Diketahui, bahwa setiap beraksi pelaku memiliki peran masing-masing. A. M. Aini, bertugas sebagai supir mobil Avanza yang digunakan saat beraksi. Edi Buan Als Edi dan Marjani Als Janu, bertugas memantau situasi. Edi Bidin Als Uding, bertugas mengangkut peralatan untuk mencongkel ATM. Dan, Saipul, mencongkel ATM.

Dari tangan komplotan tersebut, polisi juga menyita aneka barangbukti yang digunakan saat beraksi, diantaranya mobil Toyota Avanza BG 1432 ID, 4 Golok, 2 pisau, 1 senter, 1 alat pencongkel (linggis), 1 palu dan 1 gunting.

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan Polres di wilayah yang pernah disasar pelaku, guna mengambil barang bukti,” ujar Toto lagi.

Sedianya, penangkapan kawanan pelaku berawal dari kasus membobol mesin ATM di Alfamart Ruko Fortune Graha Raya, Kelurahan Paku Jaya, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), pada Jumat (9/5) kemarin. **Baca juga: Kawanan Pembobol ATM Diringkus Polsek Serpong.

Merujuk keterangan saksi dan rekaman CCTV Alfamart, polisi akhirnya berhasil mendeteksi jejak pelakudi sebuah rumah yang dijadikan tempat persembunyian dikawasan Teluk Naga. Hingga akhirnya, pelakupun berhasil dibekuk.(agm)

Berita Terbaru