Luangkan Waktu 21 Menit Sehari untuk Olahraga, Panjangkan Umur 3 Tahun

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
dbest
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menambah durasi aktivitas fisik lewat olahraga, menurut penelitian, bisa memperpanjang usia. Penelitian dilakukan pada 6.600 orang selama 12 bulan. Mereka yang meningkatkan aktivitas fisik hingga 150 menit seminggu, sekira 21 menit sehari, merasa bahwa usia harapan hidupnya bertambah hingga lebih dari tiga tahun.

Hal tersebut merupakan panduan jumlah olahraga nasional Inggris saat ini untuk orang dewasa. Para peneliti menemukan, bergerak hanya selama 90 atau 60 menit seminggu bisa meningkatkan usia harapan hidup hingga 2,7 tahun dan 2,4 tahun berturut-turut.

Para peneliti, dilansir Independent, mengkalkulasi temuan mereka dengan menganalisa masing-masing ‘usia vitalitas’ partisipan, merupakan ukuran agregat kesehatan yang mengevaluasi jarak antara usia fisik tubuh dan usia sebenarnya.

Dengan melakukan survei para partisipan sebelumnya dan setelah mereka melakukan perubahan terhadap prilaku mereka setiap hari, para peneliti bisa mengukur dampak dari perilaku mereka terhadap usia harapan hidupnya.

Para partisipan itu mengungkapkan bahwa penghalang utama yang menghambat mereka melakukan aktivitas olahraga adalah keterbatasan (31 persen), biaya (21 persen), dan tidak menikmatinya (19 persen).

Salah satu cara para ahli mendorong masyarakat beraktivitas lebih banyak lagi adalah dengan menunjukkan bagaimana kita bisa menjadi ‘atlet sehari-hari’.

Gagasannya adalah dengan membuat perubahan kecil, seperti memilih naik tangga, atau berdiri selama setengah jam di tempat kerja, Anda bisa memasukkan aktivitas olahraga apa pun ke dalam rutinitas sehari-hari tanpa berusaha keras.

Olahraga bisa meningkatkan kesehatan mental, percaya diri, kekuatan, kebugaran, dan motivasi, tapi jika alasan itu tidak cukup menginspirasi Anda untuk bergerak, mungkin prospek penambahan usia tiga tahun ke kehidupan Anda bisa membantu. ** Baca juga: Sering Lewatkan Sarapan Risiko Tinggi Terkena Aterosklerosis

Meskipun umur di tangan Tuhan, tidak ada salahnya menerapkan gaya hidup sehat, bukan?(ilj/bbs)