oleh

Longsor di Tangsel, 30 Rumah di Ciputat Sempat Terendam Banjir

Kabar6-Sebanyak 30 rumah di Perumahan Nerada, Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sempat terendam. Luapan air berasal dari anak Kali Pesanggrahan yang tertutup runtuhan material longsor di komplek Telkom, Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur.

“Warga yang dievakuasi alhamdulillah tidak banyak hanya untuk sementara mengungsi di tempat yang kering saja. Karena banjirnya hanya air lewat,” kata Lurah Cipayung, Tomi Patria di lokasi kejadian, Sabtu (12/6/2021).

Ketinggian debit banjir, menurutnya, seukuran betis orang dewasa. Kini material runtuhan tembok yang jatuh ke permukaan kali sudah dievakuasi petugas gabungan sehingga aliran air kembali lancar.

“Efeknya ke perumahan Cipayung Mas, kalau tidak lancar khawatirnya air akan merendam lagi. Cipayung Mas ini lagi antisipasi karena kalau air tertutup maka akan terendam hingga satu meter,” jelas Tomi.

Menurutnya, akibat intensitas curah hujan tinggi turab setinggi 30 meter roboh. “Kali itu kemudian tertutup oleh turap. Dan kemudian air kali itu mencari jalan keluar ke perumahan ini,” ujarnya.

**Baca juga: PUPR Provinsi dan DPU Tangsel Cek Longsor di Kali Ciputat

“Kondisi terkini air debitnya 30 centimeter sampai ke bibir perumahan dan teras rumah kemudian air sudah dibuka dari rubuhnya tembok. Kemudian air naik ke luar, kemudian temboknya sudah kita bobok dan alhamdulillah air sudah mengalir,” tambah Tomi.(yud)

Berita Terbaru