oleh

Konsensus Tangsel Buang Sampah Warga Serang Dijanjikan BPJS

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) siapkan konsensus dana kerohiman dari bau sampah yang diangkut dan dibuang ke TPA Cilowong, Kota Serang. Klausul tersebut diatur dalam draft nota kesepakatan atau MoU kerja sama antardaerah.

“Tentunya ada kontribusi untuk masyarakat Serang. Bisa berupa asuransi atau BPJS,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang, Ipiyanto, Sabtu (23/1/2021).

Menurutnya, dana kontribusi tentu saja diberikan kepada warga Serang yang terdampak bau dari air lindi sampah asal Kota Tangsel yang dibuang ke TPA Cilowong.

Ipiyanto bilang, Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di TPA Cilowong masih konvensional. “Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga bersedia membantu penataan lingkungan sekitar,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin menjelaskan bahwa kini wilayahnyasedang berupaya memanfaatkan beberapa teknologi untuk pengelolaan sampah.

“Tapi kami juga ingin membantu saudara satu bapak dalam mengatasi masalah sampah perkotaan,” jelasnya.

**Baca juga: 75 RS Penuh, Warga Tangsel Pasien Covid-19 Meninggal di Puskesmas

Menururnya kerja sama antardaerah ini bukan hanya di bidang pengelolaan sampah saja. Beberapa jenis program lain yang sudah masuk pertimbangan juga akan dimanfaatan sebagai bentuk kerja sama.

”Sehingga nanti untuk teknis kerjasamanya belum bisa ditentukan. Jika berlanjut maka akan ada nota perjanjian antara Pemkot Serang dan Pemkot Tangsel, disitulah akan di jelaskan apa-apa saja yg harus dilakukan serta kontribusi apa yang harus di sepakati,” ujar Syafrudin.(yud)

Berita Terbaru