oleh

Kemenlu RI: Dana Santunan Korban Crane Tunggu Verifikasi

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir.(bbs)

Kabar6-Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir mengatakan, dana santunan untuk para korban peristiwa ambruknya crane pada musim haji 11 September 2015 lalu, sebenarnya sudah ada dan siap dibayarkan kepada para korban.

“Dananya sudah ada dan sudah siap, namun verifikasi semua korban itu belum selesai dilakukan,” kata Arrmanatha kepada wartawan di Jakarta, Selasa (28/02/17).

Tapi, Pemerintah Arab Saudi masih menunggu hasil verifikasi data korban dari negara-negara lain selesai, bukan hanya Indonesia, barulah penyaluran santunan dilakukan.

Sedang verifikasi data korban asal Indonesia sudah selesai dan kini ada di KBRI Riyadh.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Mohammed Al-Shuibi di kantor Kedubes Arab Saudi, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (28/2/17) membenarkan bahwa data para korban asal Indonesia sudah ada di KBRI di Riyadh dan sudah ditindaklanjuti.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, salah satu korban jatuhnya crane adalah, Ardian Sukarno Effien, warga Komplek Mutiara Garuda, Blok C 11, No 37, RT 006/016, Kampung Melayu Timur, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang dari Kloter JKG 007 dengan nomor paspor B0907275.

Berbeda dengan pernyataan Arrmanatha Nasir, sebelumnya Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Nawawi, sebelumnya justru membantah adanya dana santunan untuk korban jatuhnya crane di Arab Saudi beberapa waktu lalu.**Baca juga: Kemenag Tangerang Tegaskan Tak Ada Ganti Rugi Bagi Korban Crane.

“Tidak ada proses ganti rugi, pihak kami pun sudah berkoordinasi dengan pihak Kemenag di pusat. Dan nyatanya, tidak ada ganti rugi itu,” ungkap Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang Nawawi, Selasa (28/2/2017).**Baca juga: Korban Crane Masjidil Haram Tagih Janji Santunan.

Nawawi mengatakan, kiranya ada oknum tertentu yang menyebarkan informasi tersebut. Agar, para korban jatuhnya crane tidak melakukan penuntutan.(zoel)

Berita Terbaru