Kapolresta Tangerang Diskusi dengan Puluhan Santri Soal Paham Radikal

kabar6.com
Kapolres Kota Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif saat melakukan silaturahmi ke Ponpes Nurantika di Tigaraksa.(RAS)

Kabar6-Kapolres Kota Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif melakukan silaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Nurantika, di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Kedatangan Sabilul dilokasi langsung disambut kumandang syair lagu Syubhanul Wathan, yang dinyanyikan ratusan santri dan santriwati di Ponpes pimpinan KH. Encep Subandi itu.

Sabilul kemudian berdialog dengan para santri tentang radikalisme yang disambut baik oleh para santri.

Bahkan, para santri juga turut mengemukakan pandangannya, mengenai paham radikalisme di Tangerang.

“Para santri memaknai ajaran pesantren yang tidak hanya mengajarkan ilmu agama, tapi kemandirian karakter dan mencintai tanah airnya,” ujar Kombes Pol Sabilul dalam keterangannya di Kabupaten Tangerang, Senin (9/7/2018).

Ia menambahkan, pesantren bisa menjadi pemicu perlawanan terhadap paham radikal.

Sebab, lanjut Sabilul, para santri tidak hanya diajari semangat membangun ikatan sesama Islam, tapi juga ikatan antar anak bangsa bahkan ikatan sesama manusia.

“Santri adalah pelopor Islam yang damai. Islam yang rahmat bagi semesta alam,” ujar Sabilul.

Usai berdialog, seorang santri bahkan menampilkan kemampuan stand up comedy dihadapan Kapolresta Sabilul Alif.

“Betapa para santri memiliki banyak talenta positif yang harus dikembangkan. Kami pun mengajak mereka untuk bergabung menjadi anggota polisi. Hal itu pun didukung kyai,” pungkas dia.

Pada kesempatan yang sama, KH. Encep mengaku tersanjung dengan kunjungan Kapolres.

Menurutnya, rajinnya silaturahmi yang dilakukan Kapolres menandakan kepolisian bisa selalu dekat dengan seluruh lapisan masyarakat.**Baca juga: Pengedar Narkoba Dibacok Warga di Tangerang City Mall.

“Semoga langkah Pak Kapolres dapat menjadi inspirasi bagi yang lain untuk memperkuat kedekatan terutama dengan para ulama dan santri,” tutur KH. Encep.(RAS)