oleh

Juni 2017, Gusuran Tol Serpong-Kunciran Diklaim Selesai

Kepala BPN Kota Tangsel, Asnawati (kedua dari kanan).(ist)

Kabar6-Hingga akhir 2016 lalu, tercatat sebanyak 2.164 bidang lahan yang akan dipakai untuk proyek pembangunan Tol Kunciran-Serpong di Tangerang telah dibebaskan.

Nantinya, infrastruktur jalur bebas hambatan bagi kendaraan roda empat atau lebih itu akan terkoneksi dengan trase Tol Cinere-Serpong.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangsel, Asnawati mengakui bila pihaknya mengalami banyak hambatan di lapangan. ‎Makanya sampai kini proses pembebasan lahan milik warga masih berjalan.

“Tapi kami sudah proyeksikan pembebasan lahan akan selesai pada Juni mendatang,” katanya kepada wartawan, Rabu (8/2/2017).

Ia uraikan, kendala di lapangan antara lain karena banyak warga yang belum memahami soal rencana proyek nasional tersebut. Banyak warga tidak mengetahui status kepemilikan bidang lahannya.

Kemudian, lanjut Asnawati, masalah pencairan dana kompensasi pembebasan bidang lahan‎ miliknya. Warga mengira sumber dana berasal dari kas daerah, sehingga prosesnya bisa lebih cepat dan mudah.

“Padahal dananya dari Kementerian Pekerjaan Umum,” urainya.

Ia menyontohkan, seperti halnya bidang lahan milik warga yang belum dibebaskan di kawasan Kecamatan Pondok Aren.

Asnawati merinci, di‎ Kelurahan Parigi Baru, totalnya ada 600 bidang lahan yang akan segera dibebaskan. Belum lagi wilayah lainnya.**Baca juga: Pembangunan Tol Serpong-Balaraja Dimulai 2017.

BPN Kota Tangsel, lanjutnya, masih terus melakukan validasi dan verifikasi data obyek yang dipastikan terkena gusuran.**Baca juga: ‎ Proyek Tol Serpong-Balaraja Habiskan Biaya Rp6,2 T.

“Kelurahan Jombang di Ciputat yang paling signifikan. Karena (pembebasan lahan) sudah selesai seratus persen,”‎ tambah Asnawati.(yud)

Berita Terbaru