oleh

Ini Tahapan & Biaya Pembuatan ID Pass Bandara Soetta

Kabar6-Pihak Kantor Otoritas Wilayah I Bandara Soekarno Hatta (Soetta) memastikan ada prosedur dan persyaratan yang harus dilakukan untuk mendapatkan kartu tanda ijin masuk (ID Pass) Bandara Soetta.

Humas Kantor Otoritas Wilayah I Bandara Soetta, Muhammad Syukur mengatakan, setiap pemohon ID Pass terlebih dahulu harus mengirim surat ke Kepala Kantor, untuk kemudian permohonan didisposisikan ke Tata Usaha, dalam hal ini bagian Pass.

Setelah melalui tahapan itu, permohonan kemudian masuk ke Bidang Keamanan untuk menentukan area kerjanya.

“Semua itu ditentukan oleh Bidang Keamanan. Persyaratannya juga harus lengkap. Setelah tahapan itu, berkas kemudian dikembalikan ke Kepala Kantor untuk di ACC, lalu masuk ke tahap pembayaran dan foto,” jelas Syukur, Kamis (7/8/2014).

Sedangkan untuk biaya pembuatan ID Pass, lanjut Syukur, diatur dalam Peraturan Pemerintah NO 6 Tahun 2009, tentang Tarif PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak).

Ia menjelaskan, bahwa tarif yang dikenakan untuk membuat ID Pass itu beragam, karena ID Pass terbagi dalam beberapa kategori.

Untuk ID Pass pekerja itu biayanya sekitar Rp. 700 ribu perbulan. Untuk ID Pass penerbangan biayanya Rp. 50 ribu per tahun, non penerbangan Rp. 150 ribu per tahun dan ID Pass untuk pemerintah itu sekitar Rp. 50 ribu perbulan.

“Pendapatan yang diterima dari biaya pembuatan ID Pass tersebut, semuanya langsung masuk ke kas negara,” ujar Syukur lagi.

Diketahui sebelumnya, ID Pass Bandara Soekarno Soetta yang marak beredar di kalangan calo, diduga dikeluarkan oleh pihak Otoritas Bandara Soetta Wilayah I.

Keberadaan ID Pass tersebut bisa sampai ke tangan calo, karena diindikasi proses pembuatannya dimudahkan oleh pihak Otoritas Bandara Soetta. Itu mencuat dari pengakuan seorang calo yang sehari-hari beraktivitas di Bandara Soetta.

“ID Pass ini memang Palsu. Tapi yang mengeluarkan adalah pihak Otoritas Bandara dengan masa berlaku satu tahun,” ujar salah seorang calo yang meminta agar identitasnya dirahasiakan.

Lebih jauh calo itu mengaku, bila untuk mendapatkan ID Pass tersebut dirinya harus merogoh kocek hingga sebesar Rp. 7 juta. **Baca juga: ID Pass Calo Diduga Dikeluarkan Otoritas Bandara Soetta.

“Tapi ada juga yang membuat kartu ID Pass dengan harga sembilan juta. Jadi, tergantung bagaimana cara melobinya. Dan, ID yang sekarang sudah dilengkapi dengan hologram,” ujar calo itu lagi.(ali)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru