oleh

Gipang, Camilan Khas Banten yang Mulai Langka

Kabar6-Makanan ringan khas Banten yang satu ini, konon merupakan salah satu penganan yang banyak dijual sebagai oleh-oleh di Tanah Jawara.

 

Penganan renyah yang rasanya manis, sedikit lengket tersebut, terbuat dari ketan yang dicampur dengan air gula.

 

Ya, penganan bernama Gipang ini merupakan makanan tradisional yang ternyata mampu bertahan sekian lama dari gempuran makanan instan.

 

Faktanya, sampai saat ini, Gipang masih banyak yang mencarinya. Makanya, hampir semua toko penjualan oleh–oleh khas Banten menjualnya.

 

“Di sini banyak yang mencari kue gipang untuk dijadikan oleh–oleh, banyak juga yang membelinya hanya untuk makanan camilan,” ujar Yanti, salah seorang pedagang oleh-oleh di Jalan Tol Serang, Jumat (12/8/2015).

 

Dijelaskan Yanti, sedianya Gipang diolah dari bahan-bahan yang sangat sederhana. Bahan utamanya adalah beras ketan putih atau ketan merah. Setelah dikukus, ketan lalu didinginkan dan dicuci air bersih sebelum dijemur hingga kering.

 

Kemudian, lanjut Yanti, Gipang digoreng dan dicampur dengan air gula, sehingga teksturnya khas sedikit lengket saat disantap.

 

“Gipang yang sudah jadi lalu dipotong-potong tipis. Jika dulu gipang tidak memiliki variasi rasa. Tapi kini Gipang sudah memiliki varian rasa, seperti rasa pandan dan gula merah. Ada juga yang dioles dengan selai kacang di atasnya untuk memberikan rasa gurih-gurih nyoi,” ujarnya.

 

Kini, Gipang bisa dibilang merupakan penganan yang cukup langka. Tak banyak lagi penjual penganan ini di luar kota Serang.

 

Bahkan di Banten sendiri, Gipang hanya dibuat di industri-industri rumahan yang ada di kampung-kampung. Padahal, makanan ringan ini memiliki potensi yang sangat besar, sebab selain rasanya enak harga gipang pun sangat terjangkau.

 

Untuk sebungkus Gipang dibandrol Rp10.000, sampai Rp12.000 saja. Harga itu terbilang murah untuk jenis ceminal tradisonal khas dari banten. ** Baca juga: Sarapan Ndeso Ala Atria Hotel Gading Serpong

 

Menurut Yanti, selain gipang, masih banyak lagi jajanan khas Banten yang disajikan di tokonya. Seperti kue satu, sagon, manisan asem keranji, dan lainnya.(fir)

Berita Terbaru