oleh

Dindik Tangsel Klaim UN SMP Lebih Baik Dari UN SMA

Kabar6-Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Mathodah, memastikan bahwa distribusi soal ujian nasional (UN) untuk tingkat SMP sederajat sudah sampai ke rayon. Menurutnya, jumlah peserta UN SMP 2014 mencapai 18.155 siswa.

“Selanjutnya tinggal didistribusikan ke enam rayon,” kata Mathodah dihubungi kabar6.com, Minggu (4/5/2014).

Enam subrayon di Kota Tangsel antara lain di SMP Negeri 12 Pondok Aren, SMP Negeri 6 Ciputat, SMP Negeri 3 Ciputat, SMP Negeri 4 Pamulang, SMP Negeri 1 Serpong, dan SMP Negeri 11 BSD, Serpong.

Mathodah bilang, lembar ujian UN SMP telah didistribusikan ke enam subrayon di Tangsel pada Sabtu (3/5/2014) petang kemarin. Selanjutnya, tiap sekolah penyelenggara UN akan mengambil lembar ujian ke masing-masing subrayon, Senin (5/5/20014) pagi yang merupakan hari pertama UN.

Mulai pukul 05.30, tambahnya, masing-masing subrayon sudah buka. Sehingga setiap sekolah bisa datang untuk mengambil soal UN. Diingatkanya agarĀ  satu jam sebelum ujian dimulai soal-soalnya sudah sampai di tiap sekolah seluruhnya.

“Kalau bisa saat mengambil soal UN utusan sekolah tidak bawa motor. Tapi naik mobil,” pesannya.

Mathodah beralasan, resiko membawa soal menggunakan motor lebih besar ketimbang menumpang mobil. Ia khawatir saat diangkut dengan motor mendadak turun hujan. Belum lagi resiko sabotase ketika di jalan.

Ia begitu yakin bila pelaksanaan UN 2014 tingkat SMP akan lebih baik ketimbang SMA sederajat. Persoalan lembar ujian bisa dihindari karena UN SMP berbeda dengan UN SMA.

“Kalau di SMP kan tidak ada penjurusan seperti di SMA, jadi bisa lebih mudah ditangani. Makanya kita berharap tidak ada masalah saat pelaksanaan UN,” klaimnya.**Baca juga: Senin, Ribuan Siswa SMP di Kota Tangerang Hadapi UN.

Mathodah mengungkapkan, peserta UN SMP 2014 di Kota Tangsel berjumlah 18.155 siswa. Mereka berasal dari 206 sekolah SMP, Madrasah Tsanawiyah, dan Paket B. Terdapat 912 ruangan yang disiapkan untuk pelaksanaan UN SMP. Sebanyak 1.824 pengawas disertakan untuk mengawasi jalannya UN ini.(yud)

Berita Terbaru