oleh

Dana Rp2,5 Triliun Gusuran JORR Serpong-Kunciran Dikejar

Tol Jakarta-Tangerang.(bbs)

Kabar6-Proses pembebasan bidang lahan untuk proyek pembangunan Jakarta Outer Ring Road (JORR) II Serpong-Kunciran di Tangerang, ditargetkan akan rampung akhir tahun ini.

Sedianya, pada proyek itu, ada sejumlah titik lahan pada tiga wilayah kelurahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), yang juga terkena pembebasan.

“Dimana pun kalau ada hambatan atau gangguan sedikit-sedikit mah masih wajar,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Achmad Sjahriah Ritonga di Serpong, Kamis (28/4/2016)

Menurutnya, untuk ruas tol sepanjang 11,2 kilometer, sekitar lahan seluas 100 hektar luas lahan akan dibebaskan. Sjahriah sebut jumlah rinciannya mencapai 3 ribu bidang lahan. **Baca juga: Pembebasan Lahan JORR Serpong-Kunciran Baru 32 Persen.

Dijelaskan, setelah pembebasan lahan yang ditargetkan bisa selesai akhir 2016 besok, tahapan pra konstruksi bisa dilakukan pada awal Januari. **Baca juga: BPN: Pembebasan Lahan Tol Bandara-Kunciran Tunggu Kementrian PU.

“Asalkan anggarannya segera bisa dicairkan. Kami usulkan Rp2,5 triliun untuk sekarang. Mudah-mudahan Mei sampai Juni bisa dicairkan,” jelas Sjahrial. **Baca juga: Pemkot Tangerang Dorong Percepatan Tol Bandara-Kunciran.

Hingga kini alokasi dana yang dikucurkan untuk pembebasan ribuan bidang lahan belum cair. Kondisi itu membuat proyeksi percepatan pengerjaan jalan bebas hambatan dalam kota itu jadi mandeg.(yud)

Berita Terbaru