oleh

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Kecamatan di Pandeglang Diterjang Banjir

Kabar6 – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Pandeglang terendah banjir setelah hujan mengguyur wilayah tersebut dengan ketinggian air variatif dari 50 center hingga satu meter lebih.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari laporan semen Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang ada sembilan kecamatan yang dilanda banjir akibat tingginya curah hujan.

Kesembilan kecamatan itu diantaranya, Kecamatan Cikeusik, banjir berada di Desa Tanjungan, Curug Ciung, Sorongan. Di Kecamatan Munjul berada di Desa Cibitung. Kecamatan Cibaliung berada di Desa Sudimanik, Cihanjuang, Mendung dan Curug. Sementara di Kecamatan Sumur banjir berada Kerta Jaya, Sumber Jaya.

Di kecamatan Patia berada di Desa Idaman, Di Kecamatan Panimbang berada di Desa Mekarsari, Gombong, di Kecamatan Sobang berada di kecamatan Pangkalan dan Bojen, dan kecamatan Angsana berada di Desa Cipining dan Kecamatan Cigeulis berada di desa Sinar Jaya.

Sarkun salah seorang RT mengatakan, sudah dua hari ini hujan lebat luapan banjir ini naik pada siang hari setelah sholat Jum’at pukul 01.20 WIB.
“Hingga tadi pagi dan sampe sore ini, ketinggian banjir ini kurang lebih 1 meter rumah saya juga sama terendam banjir,” ungkapnya.

Dikatakan Sarkun, ada sekitar 45 (KK) yang terendam banjir disini, kalo air laut pasang naik ditambah curah hujan tinggi bisa kemungkinan banjir ini kembali tinggi.

“Air laut meluap ditambah kiriman dari sungai kali ciseket yang meluap kesini, sehingga terjadi banjir ini yang semakin tinggi dan terpaksa warga sementara mengungsi ke rumah sodara yang datarannya tinggi,” katanya.

Sarkun berharap, banjir yang melanda bisa cepat surut dan pemerintah setempat bisa membantu dengan adanya musibah banjir tersebut.

“Semoga banjir tidak melebar ke wilayah lainnya dan cepat kembali surut. Kami berharap adanya bantuan dari pemkab,” harapnya.

**Baca juga: Persipan Pandeglang Harus Berbagi Home Base dengan Rivalnya, PSSI dan Asprov: Baru Tahu

Sementara Kapolsek Panimbang, AKP Sugiar Ali Munandar pada kesempatan itu turun bersama jajarannya untuk melakukan evakuasi pada korban banjir di wilayah itu.
“Kami menghimbau pada warga untuk tetap waspada, karena mengingat intensitss hujan semakin tinggi di wilayah Pandeglang Selatan,” himbaunya.

Tim tagana Kabupaten Pandeglang dan BPBD Pandeglang turun untuk melakukan evakuasi korban dan memantau situasi banjir tersebut.(aep)

Berita Terbaru