oleh

Benarkah Sering Selfie Bikin Kulit Cepat Keriput?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Di mana-mana, sebagian besar orang gemar berselfie ria alias mengambil foto diri sendiri dengan menggunakan kamera digital atau kamera ponsel. Nah, jika Anda termasuk orang yang sering selfie, tampaknya harus berhati-hati karena konon bisa membuat Anda mengalami penuaan kulit lebih dini.

Seorang blogger asal Inggris, Mehreen Baig, sering melakukan selfie yaitu sebanyak 50 kali setiap hari. Dikutip dari m.detik.com, ketika pergi ke dokter kulit, ditemukan bahwa cahaya dari ponsel menyebabkan kulitnya menua lebih dini.

Simon Zokaie, seorang dokter kecantikan, mengatakan bahwa cahaya dari ponsel menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah serta berbagai kerusakan kulit lainnya yang berada di lapisan bawah permukaan kulit.

Namun, benarkah selfie membuat kulit menua lebih cepat?

Menurut Joshua Zeichner, seorang asisten profesor di Mount Sinai Medical Center, New York Amerika, terdapat suatu bukti yang menyatakan bahwa cahaya berperan besar dalam proses penuaan kulit.

Cahaya dapat mengakibatkan perputaran produksi pigmen kulit yang mengarah kepada timbulnya dark spot atau noda hitam dan meningkatkan kerusakan kolagen yang menyebabkan keriput.

“Hal ini juga dapat membuat oksigen reaktif yang merusak kulit dan menyebabkan penuaan kulit dini serta berpotensi untuk menimbulkan kanker kulit,” jelas Joshua seperti dilansir dari Allure.

Memang tidak ada cara khusus untuk menghindari paparan cahaya secara keseluruhan, namun membatasi diri berada di depan komputer dan penggunaan ponsel, setidaknya dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Scott Dunbar, seorang dokter kulit, memiliki pendapat berbeda. Dikatakan, meski sebagian orang meyakini bahwa paparan cahaya dapat menyebabkan berbagai kerusakan kulit, tidak ada bukti bahwa cahaya dengan intensitas tinggi dapat memberikan banyak kontribusi dalam hal penuaan kulit dini.

“Dari berbagai sumber data yang ada, sinar UV yang memberikan dampak kerusakan lebih besar dan jauh lebih berbahaya bagi kulit dari cahaya komputer dan ponsel. Bahkan jika penuaan kulit terjadi akibat cahaya komputer, hal tersebut kecil kemungkinannya untuk terjadi, ” jelas Scott.

Namun kedua dokter tersebut menegaskan pentingnya merawat dan menjaga kulit dari paparan sinar, baik sinar matahari maupun sinar ponsel dan komputer dengan menggunakan tabir surya. ** Baca juga: Waspada, Ini Tiga Penyakit yang Bisa Menular Lewat Ciuman

Jadi, jangan lupa menggunakan krim wajah dan perawatan lainnya yang menunjang sebelum berselfie ria ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru