Basarnas Fokuskan Pencarian Sinyal Pesawat

Ilustrasi air minum.(bbs)

Kabar6-Badan SAR Nasional (Basarnas) hingga saat ini masih melakukan pencairan pesawat AirAsia yang hilang sejak kemarin. Pencariannya punĀ  difokuskan terhadap sinyal pesawat.

“Ya, upaya pencairan sedang berjalan kembali saat ini. Kita fokuskan pada sinyal dari pesawat, sebagai penentu titik lokasi hilangnya pesawat,” ujar Henry Bambang Sulistyo, Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), saat di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Senin (29/12/2014).

Menurutnya, dalam upaya pencarian pesawat naas tersebut, pihaknya menerjunkan kekuatan maksimal. Sedangkan, lokasi pencarian pun masih di pusatkan pada titik hilangnya kontak pesawat dengan menara pemantau.

“Titik lokasi pencariannya masih di sekitar hilangnya kontak pesawat dengan menara pemantau,” tukas dia.

Dalam kesempatan itu pun, pihaknya meminta kepada seluruh keluarga korban, agar tidak mudah percaya atas informasi yang beredar sebelum adanya keterangan resmi dari Basarnas.

“Kami imbau kepada seluruh keluarga korban, jangan terpengaruh terhadap informasi yang beredar dan simpang siur kebenarannya. Sebab informasi berasal dari Basarnas,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pesawat AirAsia QZ 8501 dengan rute Surabaya-Singapura dilaporkan hilang kontak setelah tinggal landas dari Bandara Juanda menuju ke Bandara Changi Singapura, Minggu (28/12/2014) kemarin. **Baca juga: Begini Kronologis Hilangnya Kontak Air Asia.

Pesawat yang tinggal landas sekitar pukul 05.36 WIB ini, hilang kontak dan tidak bisa dimonitor kembali. Pesawat ini pun sedianya membawa sebanyak 155 penumpang yang terdiri atas 130 orang dewasa, 24 anak, dan satu bayi.

Sedangkan, pesawat ini sendiri, diketahui dikemudikan oleh kapten Iriyanto dengan membawa enam awak kabin.(ges)