oleh

Bamsoet Ketua MPR Akui Harga Tiket Pesawat Perintis Mahal

Kabar6-Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mendorong pemerintah membuka jalur penyediaan avtur sebagai bahan bakar pesawat dilakukan oleh pihak swasta. Jika mampu menekan harga avtur yang saat ini cukup tinggi dan memengaruhi harga tiket penerbangan udara.

“Saran saya kalau memang Pertamina tidak bisa melakukan efisiensi, saya sarankan kepada pemerintah untuk membuka saja avtur ini kepada swasta. Biarkan sewa masuk, biarkan usaha-usaha minyak masuk, supaya bisa bersaing dan efisien,” katanya saat melepas penerbangan perdana komersil dari Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, avtur sebagai bahan bakar utama pesawat terbang, sangat mempengaruhi harga tiket pesawat. Kenaikan harga bahan bakar saat ini, harga tiket penerbangan perintis dianggap sudah mahal.

“Penting bagi bisnis penerbangan, Avtur ini adalah urat nadi bisnis penerbangan. Karena harga tiket dipengaruhi oleh naik turunnya avtur,” jelas Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo.

**Baca juga: Ini Jadwal Penerbangan Wings Air di Bandara Pondok Cabe Tiap Jumat

Ia bilang, akibat mahalnya harga tiket pesawat yang terdorong dari kenaikan harga avtur, Bamsoet meminta PT Pertamina, untuk lebih melakukan penghematan dalam menjual produknya, agar harga bahan bakar pesawat bisa lebih terjangkau.

“Jadi menurut saya sekarang kita mendorong supaya Pertamina melakukan penghematan, menjual avtur bisa lebih rendah dari harga yang hari ini. Dibandingkan dengan Singapura dan Malaysia, yang harga avturnya sangat tinggi dan semua dibebankan kepada maskapai penerbangan,” jelasnya.(yud)