oleh

Komplotan Pembius TKI Ditangkap Polisi Bandara

image_pdfimage_print

Kabar6-Empat pelaku pembiusan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diringkus petugas Kepolisian Resor Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Kamis (27/2/2014).

Keempat pelaku tersebut masing-masing berinisial RNS, TSR, SPT dan AM. Mereka ditangkap setelah aksinya membius TKI asal Desa Bongas, Cililin, Kabupaten Bandung, Iwan Haryanto, terekam kamera CCTV Bandara Soetta.

“Komplotan ini sudah beraksi sebanyak lima kali di Bandara Soetta. Dan, terakhir pelaku memperdaya TKI asal Bandung,” ujar Kasat Reskrim Polres Bandara Seotta, Kompol Dhany Aryanda.

Adapun modus yang dilakukan pelaku, kata Kasat Reskrim, adalah dengan mendekati Iwan Haryanto yang baru tiba di Bandara Soetta, kemudian berpura-pura sebagai TKI dan mengaku memiliki tujuan pulang yang sama sekaligus menawarkan tumpangan kepada korban.

“Jadi, pelaku mengaku dijemput oleh keluarganya dan menawarkan tumpangan kepada korban. Dalam perjalanan, korban diberi minuman yang sduah dicampur obat bius. Saat korban tidak sadarkan diri, seluruh harta korban dijarah, dan korbanpun dibuang di wilayah Tangerang,” ujar Kasat Reskrim.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa aksi tersebut diotaki oleh RN dan TSR. Keduanya berperan merayu korban dan menggiringnya ke dalam mobil. Sementara pelaku AT bertindak sebagai supir mobil dan AM bertindak sebagai keluarga yang menjemput.

“Saat memperdaya TKI Iwan Haryanto, komplotan pelaku sukses menggasak isi ATM korban sebesar Rp. 20 juta,” ujar Kasat Reskrim lagi.**Baca juga: Mabes Polri Sita Hampir 3 Ton Ganja di Tangerang.

Sedangkan barang bukti yang diamankan adalah, 2 buah topi yang dikenakan tersangka saat beraksi, kartu ATM dari berbagai Bank, 6 strip obat tidur merk Apazol, Samsung Galaxy Tab serta 1 buah ATM BCA milik korban.(ali)

Print Friendly, PDF & Email