oleh

Mengapa Sebagian Besar Kursi Pesawat Berwarna Biru?

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin Anda pernah memperhatikan dan bertanya dalam hati, mengapa kebanyakan pesawat memiliki tempat duduk berwarna biru? Ternyata bukan tanpa sebab, karena ada alasan ilmiah di balik pilihan warna biru tersebut.

Disebutkan, alasan utama memilih warna biru tua adalah fakta bahwa warna tersebut membuat tubuh kita menghasilkan bahan kimia yang menenangkan saat melihatnya, sehingga bisa mengurangi kemungkinan kemarahan di pesawat, sekaligus menciptakan rasa nyaman.

Para ahli di situs web Color Psychology, dilansir Kompas, mengatakan bahwa biru adalah warna yang menunjukkan kedamaian, merupakan warna laut yang tenang dan langit yang cerah. Nah, keduanya terkait dengan ketenangan batin, tenang dan jernih.

Biru juga terbukti memperlambat denyut jantung dan pernapasan, sehingga bisa menjadi warna yang bagus untuk membantu meditasi atau relaksasi. Selain itu, juga dihubungkan dengan sesuatu yang bisa dipercaya. Karena itulah orang sering memakai setelan biru untuk wawancara kerja.

Mengingat bahwa sebuah pesawat akan menembus awan dan menerbangkan ratusan orang di langit, masuk akal jika perusahaan penerbangan ingin para penumpang mempercayai mereka.

Menurut situs Popular Science, 48 persen orang dalam sebuah penelitian percaya bahwa minuman bersoda yang disajikan dalam gelas biru akan lebih menyegarkan ketimbang jika disajikan dalam gelas warna lain. Pasalnya, warna itu berkaitan dengan bayangan sejuk atau dingin. ** Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, Ilmuwan Jerman Buat Kapsul Susu

Maskapai penerbangan percaya bahwa warna biru juga akan membantu penumpang merasa lebih dingin. Pada 1970-an dan 80-an, ada kecenderungan bagi maskapai untuk memasang kursi merah di kabin, tapi kemudian dilepas, karena warna tersebut diperkirakan memicu emosi negatif dan kemarahan pada penumpang.(ilj/bbs)