oleh

Waspada, Ini Tempat Umum yang Penuh Bakteri & Virus

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Terkadang kita kurang menyadari bahwa ada banyak bakteri yang tersebar di tempat-tempat umum, bahkan yang kita anggap bersih sekalipun. Akibatnya seringkali kita tiba-tiba terserang flu atau merasa gatal-gatal, padahal sudah menjaga kesehatan.

Sebenarnya dari mana bakteri atau virus itu datang? Dikutip dari Cosmopolitan, berikut adalah beberapa tempat umum yang penuh bakteri dan virus:

1. Lift
Sudah tidak terhitung berapa banyak orang yang menggunakan, baik di perkantoran, mall atau gedung lainnya. Meskipun Anda hanya membutuhkan ujung jari telunjuk untuk menekannya, jangan anggap remeh bakteri yang menempel dari sentuhan singkat tersebut.

Terlebih jika Anda langsung menyentuh mata atau wajah. Solusinya, gunakan siku tangan untuk menekan tombol lift, atau memakai tisu dan sejenisnya.

2.  Toilet umum
Tempat yang satu ini merupakan ‘rumah’ untuk berbagai macam bakteri. Solusinya, jika toilet tersebut menyediakan disinfektan, jangan malas untuk menggunakannya terlebih dahulu. Lalu, gunakan tisu bersih untuk membuka, menutup pintu, serta menyalakan keran air untuk mencuci tangan.

3. Restoran
Pelayan restoran membersihkan piring, gelas, dan meja Anda. Tapi apa Anda pernah melihat mereka membersihkan menu makanan? Selanjutnya, sudah ada berapa orang yang membaca menu itu sejak restoran tersebut dibuka?

Solusinya, baca menu dan pilihlah makanan favorit Anda seperti biasa. Tapi, jangan sampai buku tersebut menyentuh piring atau peralatan makan Anda. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan setelah menyantap makanan.

4. Troli supermarket
Pada 2007 silam, University of Arizona melakukan penelitan dan menemukan bahwa dua dari tiga gagang troli diselimuti dengan bakteri. Bahkan, jumlahnya melebihi toilet umum. Solusinya, lap gagang troli dengan tisu basah yang mengandung alkohol sebelum pergi berbelanja.

5. Ruang tunggu dokter
Mungkin Anda pikir rumah sakit merupakan tempat untuk menyembuhkan penyakit. Tapi ruang tunggunya dipenuhi dengan pasien yang sakit. Solusinya, berikan jarak antara Anda dan orang lain. Meskipun terdengar kejam, tapi ini demi kebaikan Anda juga.  ** Baca juga: Minuman yang Diyakini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Biasakan mencuci tangan sebelum makan atau sesudah memegang benda-benda di tempat umum.(ilj/bbs)