oleh

‎BPS Lihat Tangsel Menantang dan Bagus

image_pdfimage_print

Proyek pembangunan apartemen di Serpong.(foto:yud)

Kabar6-‎Badan Pusat Statistik (BPS) mengagendakan tahun ini kembali menggelar Sensus Ekonomi lanjutan. Pencacahan dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih rinci mengenai struktur ketenagakerjaan, permodalan, biaya dan produksi serta prospek usaha kedepan.

Kepala BPS Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Achmad Widiyanto, mengungkapkan jumlah usaha atau perusahaan serta skala usaha di wilayah kerjanya sebanyak 105.774 atau distribusi mencapai 10,87 persen. Terdiri dari 100.271 Usaha Mikro Kecil, dan 5.503 Usaha Mikro Besar. 

“Kalau yang besar minimal dapat omzet per bulan Rp2,5 milliar, dan tenaga kerja sedikitnya 20 orang,” katanya ditemui wartawan di kawasan Serpong, Jum’at (26/5/2017).

Widiyanto paparkan, berdasarkan jumlah tenaga kerja di Kota Tangsel ‎distribusi mencapai 10,61 persen. Skala usaha tenaga kerja UMK sebanyak 205.654, dan UMB 144.955.

“Tangsel ini cukup menantang dan bagus. Karena terus tumbuh yaa,” paparnya.

Ia melihat angka laju pertumbuhan ekonomi di Kota Tangsel berada teratas dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Banten. Kekuatan ‎ekonomi berada di sektor perdagangan dan jasa.

Bila diamati sebaran usaha skala usaha dan kabupaten/kota terlihat bahwa UMB di Kota Tangsel mencapai 21,09 persen.‎ “Saya melihat usaha kuliner dan real estate di Tangsel ini‎ cepat tumbuh,” tambah Widiyanto.(yud)

 

Print Friendly, PDF & Email