oleh

Hore, Daftar JKN-KIS Kini Bisa Via Telepon

image_pdfimage_print
BPJS Kesehatan Tigaraksa. (hms)

Kabar6-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Tigaraksa mengembangkan strategi Pendaftaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) melalui telepon. Strategi ini untuk memudahkan masyarakat lakukan pendaftaran kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa, Shanti Lestari mengatakan BPJS Kesehatan mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui telepon yaitu lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400,” ungkap Shanti di Ruang Pertemuan Lantai 3 BPJS kesehatan Cabang Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin (15/05/17).**Baca Juga:  Daftar JKN KIS BPJS Bisa di Lippo Mall Karawaci

Shanti melanjutkan, kini calon peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan. Cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta kategori PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau Virtual Service. 

“BPJS Kesehatan Care Center yang sebelumnya terdapat fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter dan pengelolaan media sosial maka saat ini dikembangkan fungsinya,” paparnya.**Baca Juga: Keren, KTP SIM BPJS NPWP Jadi Satu Kartu

Peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Namun ini masih untuk peserta PBPU atau peserta mandiri. 

“Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadi salahsatu Fokus Utama BPJS Kesehatan di tahun 2017. BPJS Kesehatan terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan,” katanya.

Shanti menjelaskan lebih lanjut, hal yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon Care Center 1500-400 antara lain beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas Care Center seperti nomor kartu keluarga. Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), Nomor handphone, Alamat Domisili/tempat Tinggal (Untuk pengiriman kartu dan alamat email. 

“Setelah syarat di atas siap, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center dengan Calon peserta akan dilayani oleh Agent Care Center, rekaman pembicaraan antara calon peserta Agent akan menjadi bukti pendaftaran,” ujarnya.(hms)

Print Friendly, PDF & Email