oleh

Ada-ada saja, Pembeli Mengembalikan Kemeja yang Dibeli 17 Tahun Lalu

image_pdfimage_print
Secarik kertas yang berisi teguran dari Manajer.(news.com.au)
Secarik kertas berisi teguran.(news.com.au)

Kabar6-Retur penjualan adalah pengembalian barang dari customer karena hal tertentu, mungkin karena rusak dalam perjalanan atau pengiriman barang yang tidak memenuhi spesifikasi yang diinginkan customer dan lain-lain.

Biasanya sebuah toko memiliki batas waktu pengembalian barang yang cacat atau rusak (retur) selama beberapa hari atau seminggu. Namun hal tidak biasa dialami oleh sebuah toko.

Sebuah kemeja yang dirilis pada tahun 2.000, dikutip dari dream.co.id, baru dikembalikan pada tahun ini terjadi di sebuah toko pakaian terkenal. Artinya, barang tersebut baru dikembalikan setelah 17 tahun berada di tangan pembeli.

Beberapa waktu lalu, seorang pengguna Reddit mengunggah sebuah foto yang menampilkan satu stel kemeja merah dengan waistcoat berwarna hitam. Kemeja ini dibanderol dengan Rp327.699 yang dikeluarkan pada tahun 2.000, seperti dilansir dari News.com.au.

Naun hal yang menjadi perhatian bukanlah kemeja itu, melainkan secarik kertas peringatan yang ditulis oleh manajer toko. Isinya, manajer tersebut marah karena ada pegawai toko yang menerima barang berusia 17 tahun ini sebagai sebuah retur.

“Siapa yang menerima barang ini sebagai sebuah retur? Barang ini adalah koleksi musim panas tahun 2.000! Hampir 17 tahun yang lalu! Kebijakan retur kami itu 45 hari. Kalau tidak yakin, TANYA!” Demikian bunyi keterangan tersebut.

Keruan saja unggahan tersebut menjadi viral di kalangan netizen, yang ramai mendiskusikan kemeja berukuran XL itu.

“Saya heran dengan software penjualan mereka mengapa mengizinkan retur tanpa perizinan manajer,” celetuk seorang netizen.

Mantan pegawai toko tersebut mengatakan, Gap tampaknya punya aturan retur tanpa batas waktu. Di belakang tanda terima itu dikatakan bahwa pembeli itu bisa mengembalikannya sewaktu-waktu selama belum dicuci atau tidak usang.

“Ya, mereka telah mengubah kebijakannya dan itu bukan bagian dari perjanjian pembelian,” kata mantan pegawai itu. ** Baca juga: Uniknya Mitos Menstruasi Dari Berbagai Negara

Hmm…meskipun retur diperbolehkan, sebaiknya juga memperhatikan batas waktu pengembalian ya.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email