oleh

Kurangi Angka Kemiskinan, Finlandia Beri Gaji Rp7,8 Juta Kepada Para Pengganggur

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setiap negara sudah pasti memiliki angka penggangguran, termasuk cara untuk mengantisipasi kondisi tersebut. Nah, apa yang dilakukan Finlandia seperti sedikit berbeda.

Terobosan yang terbilang berani ini dilakukan untuk mengurangi angka kemiskinan di negara itu. Dikutip dari wowmenariknya.com, pemerintah Finlandia akan memberi gaji kepada para pengganggur.

Pada 4 Januari 2017 lalu, lembaga federal jaminan sosial KELA akan mendistribusikan dana masing-masing sekira Rp7,8 juta bagi 2.000 pengangguran di Finlandia yang dipilih secara acak. Demikian dilansir Business Insider.

Dana tersebut diberikan setiap bulan selama dua tahun, yang dimulai sejak 1 Januari 2017. Selama belum mendapat pekerjaan, para pengganggur akan mendapat uang Rp7,8 juta per bulan.

Sebenarnya, kebijakan ini masih dalam tahap percobaan dalam upaya memberantas kemiskinan di Finlandia. Dengan diterapkannya kebijakan ini, Finlandia menjadi negara pertama di Eropa yang membayar pengangguran. ** Baca juga: Dindim, Penguin yang Tempuh Jarak 8.000 Km Demi Temui Penyelamatnya

Data dari Newser per November 2016 menyebutkan, tingkat pengangguran di Finlandia naik menjadi 8,1 persen dari total penduduknya yang mencapai 5,5 juta jiwa. Artinya, ada sekira 213.000 orang yang belum memiliki pekerjaan di Finlandia.(ilj/bbs)