oleh

Larangan Keramas Saat Haid, Mitos Atau Fakta?

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pernahkan Anda mendengar ada sebuah larangan yang tidak memperbolehkan wanita keramas saat sedang haid? Benarkah larangan itu, ataukah hanya mitos semata?

Faktanya, jika selama haid wanita tidak keramas, akan muncul gangguan di kepala maupun rambut. Ya, keramas bertujuan untuk menghilangkan kotoran, debu dan minyak, serta bekas keringat yang menempel di rambut kulit kepala.

Bagaimana jika Anda tidak keramas selama datang bulan? Dikutip dari klikdokter.com, ini dia efek yang akan Anda dapatkan:
1. Kasar & kusam
Masa haid bisa berlangsung selama 2-7 hari. Jika selama tujuh hari Anda tidak keramas, maka rambut akan menjadi kasar akibat menumpuknya debu dan minyak. Kondisi ini akan menyebabkan rambut menjadi kasar dan kusam.

2. Aroma tak sedap
Penumpukan minyak dan debu di rambut yang lama akan menimbulkan bau tidak sedap.

3. Rambut rontok
Rambut yang terlalu lama tidak dibersihkan akan menjadi lebih rapuh, sehingga lebih mudah rontok.

4. Kulit kepala gatal
Tidak keramas akan membuat kulit kepala menjadi gatal, karena penumpukan minyak. Jika Anda garuk, bisa jadi kulit kepala menjadi mudah terluka.

5. Sarang penyakit
Setelah Anda berpergian ke tempat-tempat yang tidak terjamin kebersihannya, rambut bisa saja dihinggapi kuman atau bakteri. Jika tidak keramas, maka kuman atau bakteri tersebut akan menyebabkan Anda terserang penyakit. ** Baca juga: Risiko Kematian Karena Stroke Intai Orang yang Hidup Melajang & Kesepian

Jadi, larangan keramas saat menstruasi hanyalah mitos belaka. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan rambut ya.(ilj/bbs)