oleh

Waspada Penyakit Multiple Sclerosis

image_pdfimage_print
Winda, penulis buku Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis.(asri)
Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis.(asri)

Kabar6-Multiple Sclerosis (MS) adalah penyakit yang termasuk dalam kelompok penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh kita sendiri menyerang dan merusak, bahkan sampai menghancurkan myelin atau selubung saraf, sehingga pasien bisa mengalami kelumpuhan.

Ingin tahu lebih jauh tentang MS? Buku yang berjudul “Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis” ini akan membeberkan secara detail tentang penyakit tersebut.

Salah seorang pasien MS di Siloam Hospitals, Theophilia Edwina Prasasti, memberi pemahaman tentang MS kepada masyarakat, dengan menulis buku tentang MS bersama Dr. dr. Yusak M.T. Siahaan, Sp.S, FIPP, dari Siloam Hospitals.

Bersamaan dengan diluncurkan buku tersebut, Siloam Hospitals Lippo Village juga menggelar seminar medis yang bertajuk “Informasi Terkini dan Tatalaksana Penanganan Multiple Sclerosis.”

“Melalui seminar dan peluncuran buku ini, informasi yang benar mengenai MS bisa tersebar luas, dan masyarakat tahu bahwa di Siloam Hospital Lippo Village terdapat tenaga medis yang ahli dan mengetahui bagaimana mendeteksi dini gejala Multiple Sclerosis sampai pengobatannya,” ungkap dr. Jeffry Oeswandi, MARS, Wakil Chief Executive Officers, Siloam Hospitals Lippo Village. 

Diakui, saat ini masih banyak tenaga medis maupun khalayak umum belum mengenal dengan benar bagaimana gejala dini Multiple Sclerosis (MS). Ketidaktahuan ini mengakibatkan lambatnya penanganan dan rumitnya proses penyembuhan.

Penyebab MS sendiri belum diketahui. Hingga saat ini seluruh dunia masih melakukan penelitian untuk mencari apa penyebab pasti penyakit tersebut.

Di Siloam Hospitals Lippo Village, tim spesialis syaraf telah menangani puluhan penderita MS dan angka ini cenderung meningkat. Di sisi lain, masyarakat masih sangat awam dan bahkan tidak tahu apa itu MS dan bagaimana gejalanya.

Seminar ini akan menginformasikan kepada khalayak ramai bahwa MS ada di sekitar kita dan harus ditemukan sedini mungkin agar kondisi pasien tidak lebih buruk. ** Baca juga: Hindari Tangan Menyentuh Tujuh Bagian Tubuh Ini

Pada kesempatan tersebut Siloam Hospitals juga menghadirkan Winda, sang penulis buku. Winda yang menderita penyakit tersebut sejak 2011, berbagi cerita kepada peserta seminar tentang apa yang dialaminya dan bagaimana menghadapi penyakitnya itu.(asri)