oleh

Karnaval hingga Murak Liwet Meriahkan Hari Santri di Lebak

image_pdfimage_print

Kabar6 – Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Lebak mengikuti peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang dipusatkan di Alun-alun Rangkasbitung, Selasa (22/10/2024).

Untuk memeriahkan HSN, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menggelar Festival Santri yang dimulai hari ini sampai tanggal 25 Oktober 2024.

Tahun ini HSN mengusung tema “Santri dan TNI Bersinergi Menjaga Negeri”. Di Lebak, HSN yang masuk dalam Calender of Event dimeriahkan dengan berbagai acara dan penampilan

**Baca Juga: Momentum HSN, Agen Kebaikan Umat Tebar Ribuan Al Quran dan Buku Iqra di Pandeglang

“Setelah dilakukan upacara, lalu dilanjutkan dengan karnaval santri, perlombaan kitab kuning, murak liwet, dan juga penampilan dari Wali Band,” kata Kepala Disbudpar Lebak, Imam Rismahayadin.

Ia menerangkan, peringatan HSN dengan Festival Santri tentu sebagai bagian dari menghormati peran santri dan juga mendorong potensi santri.

“Salah satunya, peran santri cukup besar dalam sejarah perjuangan kemerdekaan. Maka untuk mengenang itu secara rutin kita peringati dan meriahkan,” ujarnya.

Festival Santri yang menjadi event tahunan di Lebak juga bertujuan membangkitkan geliat event daerah dengan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan memberdayakan potensi dengan pondok pesantren serta mendorong dan menampilkan aneka karya santri dan produk halal.

“Kita berharap menjadi kolaborasi dalam menjaga kondusifitas wilayah serta meningkatkan potensi-potensi yang ada di Lebak,” katanya. (Nda)