oleh

Pembagian Bansos Jadi Ajang Kampanye, Bawaslu Kasih Teguran ke PJs Kades Cibodas Pandeglang

image_pdfimage_print

Kabar6 – Bawaslu Kabupaten Pandeglang menyatakan tidak menemukan bukti yang cukup adanya keterlibatan Pjs Kepala Desa Cepi Nuryana dan Perangkat Desa Cibodas, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang saat pembagian Bansos jadi ajang kampanye calon kepala daerah.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Pandeglang, Didin Tahajudin mengatakan berdasarkan hasil penelusuran Panwascam setempat, diketahui pemandu yel-yel yang bernuansa ajak memilih salah satu calon tersebut adalah seorang kader posyandu.

“Yel-yel itu dipandu oleh salah satu kader posyandu,” kata Didin saat dikonfirmasi, Sabtu (19/10/2024).

**Baca Juga: Megawati tidak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Kendati demikian, Bawaslu memberikan surat teguran dan peringatan kepada Pjs Kepala Desa karena ada tindakan abai dalam pengawal penyaluran bansos yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut.

“Bawaslu melihat ada dugaan tindakan abai dari penanggung jawab, maka bawaslu memberikan surat teguran dan peringatan kepada Pj Kades tersebut,” katanya.

Didin mengatakan, tempat yang terjadinya dugaan pelanggaran tersebut, setelah ditelusuri, secara administrasi status gedung itu bukan aset pemerintah desa. Namun, diakui bahwa tempat tersebut digunakan untuk kegiatan pemerintah desa.

“Hasil penelusuran teman-temen panwascam, tanah dan gedung tersebut milik H. Sarnata,” katanya.

Kendati demikian, ia menghimbau kepada Pj kepala desa Cibodas untuk melakukan pembinaan terhadap kader-kader posyandu untuk tidak menyalahgunakan kewenangan dan kegiatan untuk kegiatan politik.

“Terhadap kader posyandu, agar dilakukan pembinaan,” katanya.
Diketahui, dalam video yang beredar sebelumnya, yel-yel yang dinyanyikan bernuansa mengajak untuk memilih Cabup-Cawabup Pandeglang Raden Dewi Setiani -Iing Andri Supriyadi dan Cagub-Cawagub Andra-Dimyati Natakusumah.

Berikut isi yel-yel saat penyaluran bantuan beras di Desa Cibodas Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang.

**Baca Juga: Sejumlah Pimpinan Negara Sahabat Mulai Tiba di Tanah Air

Bu Dewi pilihan ku,
Pak Iing Kebanggaan ku,
ku yakin hari ini
Nomor dua pasti menang.
Pak Andra pilihan ku,
Pak Dimyati Kebanggaan ku
Ku yakin nomor dua
Pasti menang.
Menang menang menang. (Aep)