oleh

KPU Lebak Antisipasi Cuaca Buruk saat Distribusi Logistik Pilkada

image_pdfimage_print

Kabar6 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak telah menerima beberapa jenis logistik untuk proses pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 27 November 2024.

Logistik yang dikirim kemudian disimpan di gudang KPU Lebak, di Jalan Rangkasbitung – Leuwidamar, Kalanganyar.

Ketua KPU Lebak Dewi Hartini mengatakan, pihaknya telah melakukan mitigasi untuk mencegah kerusakan logistik akibat terjadi cuaca buruk saat proses distribusi secara berjenjang hingga ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Sudah (melakukan mitigasi) agar distribusinya juga semaksimal mungkin, bisa safety, tidak kehujanan dan lain-lain,” tutur Dewi, Minggu (6/10/2024).

** Baca Juga: Revitalisasi BLK dan Vokasi, Airin-Ade Siap Reformasi Bidang Ketenagakerjaan

Dewi juga memastikan bahwa pengamanan dan pengawalan oleh pihak-pihak terkait dilakukan. Baik selama berada di gudang KPU hingga proses distribusi ke kecamatan lalu desa dan TPS.

“Komunikasi sudah dilakukan dengan kepolisian dan TNI. Insya Allah dengan kolaborasi itu bisa meminimalisir kejadian tidak diinginkan, salah satunya juga terkait dengan kondisi cuaca, luas wilayah dan geografis Lebak di mana beberapa TPS lokasinya cukup sulit,” jelas Dewi.

** Baca Juga: Dukung Andra Soni-Dimyati, JB Targetkan Kemenangan 60 Persen di Lebak

Kata dia, logistik mulai diterima pada tanggal 26 September. Terdiri dari segel kertas sebanyak 99.384 buah, segel plastik (kabel ties) sebanyak 24.696 buah dan kotak suara yang diterima pada 28 September sebanyak 4.172 buah.

KPU Lebak juga telah menerima bilik suara masyarakat sebagai tempat untuk masyarakat pemilih memberikan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) dan tinta.

“Jumlah bilik suara yang diterima sebanyak 8.232 buah,” katanya. (Nda)