oleh

Cagub Banten Airin Rachmi Diany Dukung Pemekaran Daerah hingga Beasiswa Mahasiswa

image_pdfimage_print

Kabar6-Bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany menyatakan dukungan terhadap pemekaran daerah di Banten. Mantan walikota Tangsel ini juga bicara tentang beasiswa perguruan tinggi bagi mahasiswa dari Kabupaten Pandeglang dan Lebak dalam rangka peningkatan sumber daya manusia.

Hal tersebut disampaikan Airin saat Diskusi Uji Gagasan dan Visi Calon Pemimpin Banten di Aula Universitas Matla’ul Anwar (UNMA), Pandeglang, Rabu (17/7/2024).

“Pemerataan pembangunan adalah keniscayaan yang harus kita lakukan di semua kabupaten/kota. Khusus Kabupaten Lebak dan Pandeglang, saya mendukung penuh dilakukan pemekaran daerah,” ujar Airin.

**Baca Juga:Uji Gagasan di Mathla’ul Anwar, Airin Rachmi Diany Beberkan 12 Program Prioritas untuk Banten

Sekadar diketahui, saat ini masyarakat sedang memperjuangkan pemekaran daerah Kabupaten Pandeglang. Proyeksi terbentuk Kabupaten Cibaliung dan Kabupaten Caringin. Kemudian pemekaran Kabupaten Lebak dengan membentuk Kabupaten Cilangkahan.

Menurut Airin, daerah otonom baru nanti, perlu pendampingan dari pemerintah provinsi. Sebab, Airin mengalami sendiri saat pertama menjadi walikota Tangerang Selatan, sebagai daerah otonom baru yang dimekarkan dari Kabupaten Tangerang.

“Saat pertama menjadi walikota Tangsel, saya pertama berkantor di kantor kecamatan. Dan stabilitas fiskal adalah yang prioritas saya lakukan, bagaimana sumber pendapatan daerah bisa optimal untuk melaksanakan program pembangunan. Saya harus membuat skala prioritas,” ujarnya.

Pemerataan pembangunan juga dilakukan dalam pembangunan infrastruktur. Airin memperkirakan, diperlukan anggaran Rp 200 miliar untuk membangun jalan poros desa di Kabupaten Pandeglang dan Lebak.

“Minimal, sekitar 80 persen jalan desa bisa kita selesaikan, lebih optimal bisa sampai 100 persen,” ujarnya.

Airin juga menyampaikan pentingnya pemerataan pembangunan dari sisi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, ia akan mendorong beasiswa perguruan tinggi bagi mahasiswa.

“Ke depan, saya tidak hanya ingin memberikan beasiswa bagi siswa sekolah dasar dan menengah. Namun juga beasiswa untuk mahasiswa di perguruan tinggi. Saya ingin bicara rasional yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Terakhir, Airin berkeyakinan pembangunan Banten akan mampu dilaksanakan dengan baik jika terjadi sinergi antar pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

“Banten ke depan, butuh kebersamaan, butuh sinergi dan kebersamaan. Oleh karena itu, visi kita dan kita bisa lakukan, Banten maju bersama,” pungkas Airin.(Aep)

Print Friendly, PDF & Email