oleh

Yuk Selalu Berpikir Positif

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Berpikir positif memberikan efek luar biasa untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Seseorang yang senantiasa berpikiran positif akan bertindak dan bersikap lebih baik saat menghadapi suatu masalah.

Beberapa penelitian mulai membuktikan efek baik dari pikiran positif terhadap kesehatan. Berikut adalah efek berpikir positif bagi kesehatan, dikutip dari alodokter.com:

1. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Menurut sebuah penelitian pada bidang kedokteran psikosomatik, salah satu potensi yang dapat diperoleh dari pikiran positif adalah meminimalkan peradangan dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Seorang ahli psikologi menyatakan, pikiran positif dapat membantu seseorang dalam kesehariannya untuk membuat keputusan yang lebih baik, mengurangi stres, dan meningkatkan harga diri serta kualitas hubungan dengan orang lain.

2. Meredakan stres

Memelihara pikiran positif membuat seseorang akan lebih baik saat mengendalikan stres. Pikiran positif akan menghasilkan optimisme dan sebuah pendekatan diri yang lebih baik saat menghadapi berbagai problem.

Mereka yang berpikiran dan bertindak positif cenderung memiliki kualitas gaya hidup yang lebih baik, yaitu lebih sehat dalam pengelolaan diet, lebih sering olahraga, serta tidak berlebihan dalam mengonsumsi alkohol dan rokok.

3. Mempercepat masa penyembuhan

Pikiran positif juga berpotensi menuntun seseorang untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik saat menderita penyakit gawat.

Berdasarkan riset, mereka yang memilih menghadapi penyakit yang diderita dengan optimisme lebih mungkin memperoleh kesembuhan dibandingkan mereka yang menyerah.

Pikiran positif ini kemudian berimbas kepada tindakan-tindakan yang mendukung kesembuhan, salah satunya adalah rajin mengonsumsi obat dan rutin melakukan perawatan.

4. Meningkatkan kesehatan pada manula

Pikiran positif memiliki peran yang signifikan dalam membantu proses pemulihan. Hasil riset menunjukkan bahwa pikiran positif dapat membantu sistem kardiovaskuler membatasi respons terhadap kondisi stres.

Namun perlu diingat, pikiran positif tidak bisa diraih secara instan atau muncul secara otomatis, apalagi jika selama ini Anda terbiasa memiliki pandangan negatif terhadap segala sesuatu. ** Baca juga: Batasi Makanan Ini Agar Perut Rata

Mulailah dengan cara lebih membuka diri dengan bersedia menerima kritik dan memperbaiki kekurangan. Menerima diri sendiri apa adanya juga bisa menjadi langkah awal yang bagus.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email