oleh

Sluurp…Ini Teh Termahal di Dunia

image_pdfimage_print
Panda Dung Tea (wordpress.com, uniknya.com)
Panda Dung Tea (wordpress.com, uniknya.com)

Kabar6-Teh adalah salah satu minuman yang paling banyak disukai, dan sering menjadi teman camilan saat pagi atau sore hari. Ada beragam jenis teh dengan aneka rasa dan harga.

Nah, bagi Anda penikmat teh, berikut adalah beberapa teh termahal, seperti dikutip dari uniknya.com:

1. Darjeeling Tea

Merupakan teh hitam yang berasal dari perkebunan di daerah Darjeeling, India. Ditanam pada ketinggian 5.000 hingga 8.000 kaki di lereng pegunungan Himalaya. Darjeeling tea punya aroma dan warna teh yang langka. Kabarnya, teh ini dijual senilai Rp4,8 juta per kilogram.

2. Tieguanyin Tea

Teh ini berasal dari Tiongkok, merupakan jenis teh langka yang berasal dari abad ke 19, di kota Anxi, Propinsi Fujia. Konon, teh ini punya aroma dan rasa yang sangat pekat, meski sudah diseduh selama tujuh kali berturut-turut.Tieguanyin Tea dihargai sebesar Rp18 juta per kilogram.

3.  Da Hong Pao

Menurut legenda, ibu dari seorang kaisar Dinasti Ming disembuhkan dari penyakit oleh teh misterius ini. Kaisar mengutus orang-orangnya untuk melacak asal-usul teh tersebut, dan ditemukan bertengger tinggi di atas batu Gunung Wuyi.

Pemerintah Tiongkok sempat menjual teh ini pada 1998, dalam sebuah lelang dengan harga penawaran tertinggi mencapai sekitar Rp14,7 miliar per kilogram.

4.  Poo Poo Pu-Erh Tea

Berasal dari daerah Yunnan di Tiongkok. Teh ini sebenarnya kotoran dari beberapa jenis serangga. Ya, serangga tersebut memang tidak memakan apa-apa, selain daun teh sepanjang hidup mereka.

Kotoran mereka lalu dipungut oleh petani Taiwan menggunakan pinset dan kaca pembesar karena mereka begitu kecil, dan diresapi untuk membuat teh energi dengan sifat obat. Konon, harga teh Poo Poo Pu-Erh berkisar Rp12 juta per kilogram.

 5. Panda Dung Tea

Teh ini terbuat dari kotoran panda. Panda Dung Tea tercipta dari ide seorang pakar satwa liar asal Tiongkok, An Yanshi. Dia berhasil mencampurkan teh hijau dengan kotoran panda untuk menghasilkan teh dengan aroma yang khas.

Harga yang dibenderol setara dengan Rp714 juta per kilogram, atau lebih dari Rp2 juta per gelasnya. ** Baca juga: Sedihnya, Uang Tabungan Melayang Begitu Saja

Lantaran harganya yang selangit, jadi tidak tega untuk meminumnya ya.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email