oleh

Asah Ingatan Melalui Hal Berikut

image_pdfimage_print

Kabar6-Seiring waktu, tubuh kita pun akan semakin menua. Selain kondisi stamina tidak sehebat waktu muda dulu, daya ingat pun akan semakin menurun.

 

Namun Anda jangan berkecil hati, karena ada beberapa cara sederhana agar pikiran tetap tajam. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut, serta melakukan hal-hal berikut:

 

1. Salmon

Ikan ini mengandung zat Omega-3 yaitu DHA, yang sangat baik untuk otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa salmon dapat memperbaiki fungsi kognisi dan ingatan.

 

2. Sayuran hijau

Salah satunya adalah bayam. Perempuan yang mengonsumsi satu hingga dua porsi bayam, dapat membuat otak mereka 11 tahun lebih muda, dibanding mereka yang tidak mengonsumsi bayam.

 

3. Lemak sehat

Makanan yang mengandung lemak baik, sangat dianjurkan untuk kesehatan otak. Salah satunya adalah jenis kacang-kacangan.

 

4. Mendengarkan musik

Salah satunya adalah menikmati musik klasik favorit Anda. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mendengarkan musik dapat membantu mempertajam ingatan dan fungsi kognisi.

 

5. Tertawa

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berusia lanjut dan rutin menonton video lucu, memiliki performa yang lebih baik saat menjalani sebuah tes. Melihat atau melakukan sesuatu selama 20  menit yang bisa membuat tertawa, sangat membantu otak Anda.

 

6. Meditasi

Melakukan meditasi akan membuat seseorang menemukan perubahan positif pada otak, termasuk pada bagian pusat ingatannya. ** Baca juga: Sebelum Tidur, Hindari Kebiasaan Ini

 

Lakukan cara mudah dan sederhana ini, agar ingatan Anda tetap tajam.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email