oleh

Begini Tiga Lapis Tahapan Pencegahan Corona di Bandara Soetta

image_pdfimage_print

Kabar6-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta atau Soetta, Tangerang, Banten, memeriksa suhu tubuh para awak kabin dan penumpang pesawat terbang. Langkah pemeriksaan suhu tubuh setiap orang sampai tiga lapis bertujuan untuk mencegah wabah virus corona di Indonesia jangan sampai meluas.

“Kalau kayak gini kita kerjanya 24 jam, ” ungkap Abi, petugas KPP ditemui di pintu kedatangan Terminal 3 Bandara Soetta, Kamis (5/3/2020).

Pengamanan pertama, setiap awak kabin dan penumpang akan dipindai menggunakan thermo gun saat mereka sedang mengisi Health Alert Card berwarna kuning. Bila dinyatakan suhu tubuh normal mereka dipersilahkan masuk garis antrean dipindai menggunakan thermal scanner.

Kedua, suhu tubuh orang yang melewati garis antrean dipantau oleh petugas KKP di depan layar monitor yang menunjukan suhu tubuh. Hasil deteksi terlihat dalam bentuk angka.

Lapis ketiga yakni petugas KKP Bandara Soetta kembali mengecek suhu tubuh awak kabin dan penumpang juga pakai thermo gun. Apabila pada lapis terakhir penumpang dinyatakan tidak demam maka dipersilahkan lanjut ke tempat tujuan.

Namun, alarm secara otomatis akan bunyi bila suhu tubuh orang yang diperiksa ternyata tinggi. Orang tersebut selanjutnya dipandu oleh petugas KKP menuju ruangan pemeriksaan kesehatan.

Di ruang pemeriksaan mereka akan diperiksa lebih jauh soal demam yang sedang dideritanya. Bila dinyatakan hanya demam biasa maka orang tersebut diperbolehkan pulang.

**Baca juga: Cegah Virus Corona, Cek Medis di Bandara Soetta Tiga Lapis.

Bila hasilnya positif, maka penumpang akan dibawa ke rumah sakit rujukan pasien suspect corona terdekat. Erlangga sendiri dinyatakan sehat setelah melalui tiga tahap pemeriksaan oleh KKP Bandara Soetta.

“Alhamdulillah sehat, tadi kalau enggak salah saya panasnya 36 derajat-an. Ya semoga semua sehat-sehat saja,” jelas Erlangga, salah satu penumpang pesawat.(vee)

Print Friendly, PDF & Email