oleh

8 Tips Untuk Calon Mahasiswa di Dunia Perkuliahan

Kabar6-Dalam beberapa bulan kedepan, tahun ajaran baru di dunia perkuliahan akan segera dimulai. Buat kamu yang baru saja lulus SMA atau SMK, selamat ya! Karena sebentar lagi kamu akan mulai memasuki dunia perkuliahan dan menjadi seorang mahasiswa. Di kehidupan kuliah, tentunya kamu akan merasakan dinamika yang berbeda dari masa SMA. Jika selama SMA kamu masih harus dibimbing, maka di kuliah nanti kamu akan dituntut untuk lebih mandiri, lebih cermat, dan bisa memotivasi diri sendiri.

Mendengar hal ini pasti akan membuat kamu penasaran bukan dengan dunia kuliah? Lalu apa saja yang akan kamu dapatkan ketika kuliah? Yuk, simak 7 tips penting yang bisa kamu terapkan dengan baik di kehidupan dunia perkuliahan-mu nanti!

1. Menyiapkan Mental menjadi seorang mahasiswa

Kabar6.com
sumber: kudo.co.id

Kamu pasti heran dengan kata ”menyiapkan mental” di sini. Eits, tunggu dulu! Maksud dari menyiapkan mental adalah ketika kamu sudah menjadi seorang mahasiswa, kamu harus bisa lebih mandiri untuk mendapatkan ilmu. Jika di masa SMA dulu kamu selalu dibimbing oleh guru dan bergantung pada teman-teman, maka lain halnya dengan dunia kuliah. Seperti yang sudah dikatakan tadi, ketika sudah menjadi mahasiswa kamu yang harus lebih aktif untuk mencari informasi di kampus, misalnya saja membaca buku di perpustakaan, mencari tahu kehadiran dosen, aktif untuk jadwal ujian dan sebagainya. Selain itu, jika kamu ingin lulus kuliah lebih cepat kamu juga harus membuang semua sifat burukmu yang ada di masa SMA.

2. Kenali Jurusan dan Kampus pilihanmu!

Kabar6.com
sumber: gramedia.com

Ketika di akhir masa SMA pasti tujuanmu selanjutnya adalah mencari jurusan dan universitas yang kamu inginkan, bukan? Nah, sebelum itu kamu harus bisa memutuskan dengan tepat apakah jurusan dan kampus impianmu benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuan atau memiliki akreditasi yang bagus.  Misalnya saja ketika kamu ingin masuk di jurusan psikologi, kamu pasti akan mencari informasi tentang jurusan dan universitas terbaik psikologi di Indonesia maupun di luar negeri. Maka dari itu, kamu harus cari tahu tentang apa yang akan kamu pelajari di jurusan psikologi, apakah prospek pekerjaannya bagus dan berapa banyak peminat yang ingin masuk jurusan tersebut. Oh iya, pastikan jika jurusan yang kamu inginkan sudah terakreditasi A atau B. Ingat, jangan sampai salah jurusan ya!

3. Buatlah jadwal khusus agar waktu dan kegiatan lebih terkontrol

Kabar6.com
sumber: shopee.co.id

Memiliki aktivitas kuliah yang padat seperti, ingin bermain dengan teman, aktif dalam kegiatan UKM dan mengikuti rapat organisasi tentunya akan membuat kamu kewalahan. Sehingga beberapa kemungkinan yang muncul ketika kegiatanmu terlalu padat adalah nilai mata kuliahmu akan menurun. Untuk itu, sebelum kamu mulai masuk kuliah sebaiknya buatlah jadwal atau daftar yang akan kamu lakukan ketika kuliah, misalnya tujuan yang harus kamu capai, kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan, daftar kebutuhanmu dan lainnya. Hal ini perlu kamu lakukan agar, kegiatanmu lebih seimbang, lebih terarah dan tidak ada kewajiban ataupun tugas akademik yang akan membuatmu keteteran.

4. Pahami istilah-istilah yang ada dalam perkuliahan

Kabar6.com
sumber: hipwee.com

Untuk tips yang satu ini mungkin tidak terlalu penting, tapi ketika sudah mulai masuk kuliah kamu akan mendengar beberapa istilah atau singkatan yang nantinya akan kamu pahami sendiri. Tidak ada salahnya jika kamu mengetahuinya dari awal istilah – istilah tersebut. Seperti IPK, SKS, KRS, BEM, mahasiswa Kupu-kupu dan masih banyak lainnya.

5. Buat kamu yang indekost, Sebaiknya kenali dulu lingkungan di sekitarnya.

Kabar6.com
sumber: finansialku.com

Nah, tips yang satu ini sangat penting untuk kamu yang akan nge-kost sendiri. Sebelum memutuskan untuk kost sendiri, ada baiknya kamu cari informasi terlebih dahulu tentang kost-an yang akan kamu tinggali. Pilihlah tempat kost yang nyaman, aman dan berlokasi di dekat kampusmu. Karena kost-an yang aman dan nyaman akan sangat mempengaruhi kehidupan kuliahmu nanti. Selain itu, tempat kost yang dekat dari tempat ramai atau kampus akan mempermudah kamu ketika pulang kuliah di malam hari. Alhasil, kamu tidak perlu lagi merasa khawatir ketika pulang malam. Oh iya, ketika sudah menjadi anak kost, kamu harus bisa untuk lebih hemat agar di akhir bulan nanti kamu tidak kehabisan uang bulanan.

6. Bersikap ramah di kampus itu penting!

Kabar6.com
sumber: idntimes.com

Bersikap ramah kepada teman-teman? Itu memang harus. Ramah dan bersikap sopan kepada dosen? Ini sangat wajib. Kalau ramah dan kepada kakak tingkat? Ini juga penting! Tapi guys, orang yang ada di kampus bukan cuma mereka saja. Ada para pegawai akademik, petugas keamanan, petugas kebersihan dan para ibu kantin. Tidak ada salahnya bersikap ramah kepada mereka, karena akan memberikan kemudahan sendiri untukmu. Ketika kamu memiliki kesulitan dalam urusan akademik, para pegawai pasti akan selalu membantu.

**Baca juga: PD Pasar Hadirkan Sembako Murah di Festival Cisadane 2019.

Lalu saat kamu kehilangan barang di kampus, maka akan ada petugas keamanan dan pegawai kebersihan yang dengan senang ikut membantu. So, bersikap ramah dengan siapa saja tentu akan membuat kehidupan kuliahmu berjalan dengan baik.

7. Berhati-hatilah ketika memilih teman

Kabar6.com
sumber: okezone.com

Guys, ketika sudah menjadi mahasiswa kamu perlu tahu bahwa jumlah pertemanan yang banyak tidaklah terlalu penting. Asal kamu bisa berteman dengan orang yang care dan bisa dipercaya itu sudah cukup, kok. Kamu memang boleh ramah dengan siapa saja, tapi jangan sampai kamu terpengaruh dengan pergaulan teman-teman yang tidak baik dan akan merugikan kegiatan kuliahmu. Itu sebabnya, carilah teman yang mau menemanimu ketika susah bukan berteman dengan orang yang egois dan memakan teman sendiri.

Well, itu dia 8 tips penting yang harus kamu terapkan di dunia perkuliahan nanti. At least, dengan kamu menerapkan beberapa tips di atas, kamu tidak akan merasa kaget dan kehidupan kuliahmu pun berjalan dengan lebih lancar. Selamat mencoba, ya!

Berita Terbaru