oleh

2016, BRT Mulai Beroperasi di Kota Tangerang

image_pdfimage_print

Kabar6-Kabar gembira bagi Anda warga Kota Tangerang. Karena rencananya, tahun depan (2016) Bus Rapid Transit (BRT) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, akan mulai beroperasi.

Kepastian ini didapat setelah 10 unit bus yang nantinya akan digunakan sebagai BRT telah selesai proses pengadaannya tahun ini.

“Pengadaannya sudah selesai, ada10 unit bis yang telah kami siapkan tahun ini,” ujar Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Ismu Hartono, Selasa (29/12/2015).

Selain itu juga, Ismu menjelaskan bahwa pihaknya kini tengah melakukan proses penyelesaian pembangunan halte guna menunjang operasional BRT ini nantinya.

Setidaknya sebanyak 20 halte tengah disiapkan di sepanjang titik lintasan BRT, yang rencananya baru dapat melayani rute poris plawad hingga jatiuwung ini.

“Kami uji coba dulu, kita lihat efektifitasnya, apa masyarakat mau beralih ke BRT dan meninggalkan kendaraan pribadinya,” ujar Ismu.

Ditanya terkait kepastian operasional BRT tersebut, Ismu memperkirakan paling lambat akan diresmikan bulan Debruari, bertepatan dengan ulang tahun Kota Tangerang. Selain itu, kini juga sedang proses penunjukan pihak ketiga yang akan menjadi operator BRT ini nantinya.

“Perkiraan Februari mungkin launching, tapi kita belum pastikan, sambil menunggu kita akan uji coba baik lintasan maupun kesiapan kendaraan,” jelasnya.

Ditemui saat  pengecekan kondisi BRT, Walikota Tangerang, Arief Wismansyah menyampaikan harapannya agar dengan terealisasinya BRT ini, dapat mengurangi angka kemacetan yang ada di Kota Tangerang, mengingat jumlah volume kendaraan pribadi yang setiap tahunnya bertambah.

“Semua program pemerintah akan sukses bila masyarakatnya mau ikut terlibat didalamnya,” ujar Walikota.(hms/tom migran)

Print Friendly, PDF & Email