oleh

Rahaya Resto & Resort Lebak Tersertifikasi CHSE, 4 Hal Ini Tak Perlu Diragukan

Kabar6-Rahaya Resto & Resort resmi tersertifikasi CHSE (Cleanlines, Health, Safety and Environment) untuk sektor pariwisata.

Resto & resort yang lokasinya di ruas jalan Rangkasbitung-Leuwidamar (Akses menuju wisata Badui), Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak tersebut resmi tersertifikasi setelah lulus uji dan audit CHSE dari lembaga sertifikasi independen yang ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dilakukan tim dari Sucofindo.

“Alhamdulillah kami dinyatakan lulus audit yang dilakukan lembaga independen kemarin. Secara maraton kelengkapan administrasi dan verifikasi lapangan dilakukan pengecekan oleh tim sertifikasi Sucofindo, hasilnya dinyatakan lulus dengan nilai memuaskan,” kata Direktur Rahaya Resto & Resort, Rosna Gustina Rahayu, dalam keterangan tertulis yang diterima Kabar6.com, Minggu (26/9/2021).

Menurut Rosna, sertifikasi CHSE penting bagi para pelaku usaha pariwisata, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 di mana protokol kesehatan (Prokes) menjadi hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat, terutama pelaku usaha

“Sertifikasi ini kan berlaku Nasional, tidak sembarang pelaku usaha dapat memperoleh sertifikasi CHSE. Ini jadi kebanggan kami dan modal kepercayaan diri untuk terus meningkatkan produk dan layanan sesuai standarnya, terutama untuk mendukung visi misi Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata unggulan Nasional berbasis potensi lokal, kami ingin terus menjadi Resto & Resort yang berkelas untuk seluruh kalangan,” papar Rosana.

Program sertifikasi CHSE diselenggarakan oleh Kemenparekraf kepada usaha pariwisata, lingkungan dan destinasi pariwisata untuk memberikan jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol sertifikasi, yaitu bersih, sehat, aman, dan ramah lingkungan pada masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, sertifikasi CHSE menjadi acuan dalam meningkatkan keyakinan para pihak, reputasi usaha dan destinasi pariwisata.

**Baca juga: Makan Nikmat Harga Bersahabat Hanya di Hotel Santika BSD Teraskota

Usaha pariwisata dalam memperoleh sertifikasi CHSE harus melalui serangkaian tahapan mulai dari tahapan penilaian mandiri (Self assesment), tahap deklarasi mandiri, tahap penilaian dan audit serta tahap pemberian sertifikasi.

Penilaian dan audit yang dilakukan mencakup 4 bagian utama yaitu kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan di hotel sesuai panduan dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020.(Nda)

Berita Terbaru