oleh

Perubahan Warna Lidah Bisa Bantu Deteksi Penyakit Tertentu

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Lidah yang normal dan sehat, umumnya memiliki warna merah muda. Artinya, jika suatu saat warna lidah berubah, kemungkinan Anda menderita sebuah penyakit. Bagaimana mengetahuinya? Dikutip dari Sindonews, berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan saat lidah berubah warna:

1. Lidah putih
Orang dengan lidah putih biasanya terlihat pada pasien dengan tifoid, pencernaan terganggu, gejala influenza, atau kurang darah. Jika lidah putih tipis, berarti kekurangan darah. Jika warna lidah pucat dan lembap seperti lapisan lemak, tanda pilek atau gejala flu. Jika lidah putih tebal, merupakan salah satu gejala penyakit kelamin.

2. Lidah merah
Sedikit warna merah dari lidah normal, merah terang buruk, menunjukkan pasien yang menderita panas. Ketika warna merah agak kekuning-kuningan, menandakan demam tinggi.

Hanya sisi lidah merah atau ditutupi dengan titik-titik merah, harus dicek hati pasien. Warna lidah merah terang, lidah seperti lumut atau retak, adalah sindrom panas. Lidah merah yang terasa sangat kering, tanda-tanda dehidrasi. Lidah berwarna ungu kemerahan menunjukkan luka internal atau luka pada perut.

3. Lidah ungu
Lidah berwarna ungu menunjukkan pasien yang menderita demam dan kelainan darah atau sirkulasi darah tidak lancar. Jika keseluruhan lidah berwarna ungu, menunjukkan sangat panas pada organ internal. Jika lidah warna ungu terang, harus diperiksa jantung dan hati pasien.

4. Lidah kuning
Menunjukkan panas tubuh yang berlebihan karena terlalu banyak alkohol, makanan pedas, stres emosional dalam jangka panjang, atau karena merokok. ** Baca juga: Lima Langkah Jitu Cegah Penuaan Otak

Yuk, lebih peka lagi melihat kondisi perubahan pada bagian tubuh sekecil apa pun.(ilj/bbs)