oleh

Peneliti Bantenologi Usulkan Rumah Adat Baduy Jadi Rumah Khas Banten

Kabar6-Peneliti Bantenologi merekomendasikan Rumah Adat warga Baduy sebagai Rumah Adat Khas Banten. Rumah Adat Baduy masuk sebagai nominator dari 8 Rumah Adat yang ada di Banten.

Hal itu terungkap dalam acara Loka Karya tentang Rumah Adat Khas Banten yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Provinsi Banten, Rabu (5/11/2014).

“Merujuk penelitian yang kami lakukan, dari segi budaya, Rumah Adat Baduy layak direkomendasikan menjadi Rumah Adat Banten,” kata Hilmi, peneliti dari Bantenologi.

Selain Rumah Adat Baduy, di Banten juga terdapat aneka Rumah Rakyat Tradisional (RRT) dari 7 rumah kelompok warga lainnya. Usia dari aneka rumah tersebut bahkan sudah tembus ratusan tahun.

Tujuh RRT selain Rumah adat Baduy yang ada di Banten tersebut diantaranya adalah, Rumah Betawi Ora, Rumah Bugis, Rumah Citorek (rumah masyarakat kakolotan Banten Kidul), Rumah Joglo, Rumah Kebaya, Rumah Kebaya Susuhunan Panjang dan Rumah Tionghoa.

“Rumah bukan hanya untuk tempat tidur, berteduh dari panas dan hujan serta lainnya. Tapi rumah juga mempunyai nilai budaya dan filososoofi,” terangnya. **Baca juga: Presiden Minta Gubernur Bergerak Cepat & Kerja Nyata.

Sedianya, pengajuan Rumah Adat Baduy sebagai Rumah Adat Banten sudah melalui hasil kajian matang dan memakan waktu yang cukup lama, dengan memperhatikan segala sisi yang mampu mencerminkan nilain ke-Bantenan.(tmn/din)

Berita Terbaru