oleh

Pemkab Lebak Optimis Waduk Karian Terealisasi

Kabar6-Pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak, bakal direalisasikan pemerintah setempat pada tahun 2017 mendatang. Kini, prosesnya sedang berlangsung pada tahap pembebasan lahan.

“Optimis proyek itu bisa dilaksanakan pada tahun 2017,” ujar Sekda Kabupaten Lebak, Dede Jaelani, kepada wartawan awal pekan kemarin.

Dijelaskannya, saat ini tim pembebeasan lahan sudah membebaskan hingga 45 persen, dari total 2.225 hektare yang dibutuhkan.

Diharapkan, hingga akhir 2016 mendatang, pembebasan lahan bisa rampung 100 persen, sehingga pembangunan bisa direalisasikan pada tahun 2017.
Sedianya, pembangunan waduk itu cukup vital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk mengantisipasi banjir di wilayah hilir Banten.

Selain itu, hadirnya Waduk Karian juga dapat memenuhi ketersedian air bersih untuk wilayah Banten dan DKI Jakarta.

“Kami berharap megaproyek itu dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) juga tarap hidup masyarakat membaik,” katanya.

Menurut Dede, pembangunan Waduk Karian ini berkapasitas 219 juta meter kubik dengan debit air sekitar 14,6 meter kubik.

Waduk Karian bisa dijadikan lokasi pariwisata yang bisa mendongkrak pengunjung domistik maupun mancanegara.

Pembangunan Waduk Karian itu akan menenggelamkan 11 desa tersebar di Kecamatan Maja, Cimarga, Rangkasbitung, dan Sajira.

Desa yang bakal tenggelam antara lain Desa Sajira Mekar, Sukarame, Sukajaya, Mekarsari, Pajagan, Sindangsari, Calung Bungur, Tambak, Sindang Mulya, dan Pasir Tanjung. **Baca juga: Ketika Seni Budaya di Tangerang Tergerus Zaman.

Waduk yang menghabiskan lahan seluas 2.225 hektar. Seluas 1.740 hektar akan dipakai untuk waduk, dan selebihnya menjadi lokasi sarana pendukung, seperti pintu dan jalan air.(bbs/tmn)

Berita Terbaru