1

Lelang Patung Buddha Tiongkok Langka di Prancis, Tembus Rp16 Miliar

Kabar6-Sebuah patung Buddha Tiongkok langka yang ditemukan pada sebuah rumah keluarga berkebangsaan Prancis, bakal dilelang di Paris, dan menurut perkiraan akan terjual dengan harga Rp16 miliar.

Selain langka, melansir Globaltimes, rumah lelang Bonhams mengatakan potongan itu adalah sebuah karya religius yang menggambarkan Buddha Bodhisattva Guanyin yang dibuat pada abad ke-12 hingga ke-13 di bawah Dinasti Jin. Dengan tinggi yang lebih dari satu meter, karya itu terakhir dijual pada 1930-an kepada sebuah keluarga di Boulogne, pinggiran kota dekat Paris. Dalam pelelangan, keluarga tersebut ingin identitas mereka tetap dirahasiakan.

Patung-patung besar seperti yang dijual itu awalnya dibuat untuk kuil Buddha. Kepala Seni Tiongkok, Bonham Caroline Schulten, mengatakan bahwa keluarga pemilik patung tidak mengetahui nilai benda itu sampai mereka meneleponnya untuk memperkirakannya.

“Itu diwariskan dalam keluarga ke generasi sekarang, dan itu telah duduk di rumah pribadi,” kata Schulten. “Apa yang terjadi sejak saat itu (penjualan terakhir) adalah kehilangan jari-jari salah satu tangan…karena mereka jelas ada saat dijual pada tahun 1932. Jadi di antaranya, saya diberitahu ada anak-anak bermain sepak bola di sekitar patung itu, jadi hal-hal terjadi, cukup jelas.”

Rumah lelang Bonhams mengatakan, kemungkinan hanya ada segelintir barang seperti itu yang tersisa di dunia, yang sebagian besar berada di museum.

“Ini adalah salah satu dari sedikit yang bertahan, jadi sangat mungkin ada lebih banyak bagian dari grup ini yang masih ada di Prancis atau mungkin di Belgia atau Swiss,” terang Schulten.

Ditambahkan, “Dan cukup menarik untuk berpikir bahwa mungkin penjualan figur ini atau publisitas di sekitarnya akan menghasilkan lebih banyak orang melihat ke rumah dan menyadari bahwa ‘Kita memiliki sosok seperti itu’.”(ilj/bbs)