oleh

Layanan Darurat, Warga Tangsel Bisa Kontak NTD 112

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah resmi mengoperasikan layanan informasi kedaruratan. Masyarakat sekitar yang butuh pertolongan bisa menghubungi petugas operator di sambungan Nomor Telepon Darurat (NTD) 112.

“Mudah-mudahan ini lebih bisa meningkatkan pelayanan dari kami pemerintah kepada masyarakat di kegawatdaruratan,” kata Walikota Airin Rachmi Diany di Balaikota Tangsel, kemarin.

Masyarakat bisa hubungi 112 jika di lingkungan terdekat terjadi bencana alam seperti, banjir; tanah longsor; pohon tumbang; kebakaran dan lain sebagainya. Atau pun kecelakaan kerja atau lalu lintas kendaraan bermotor.

Airin jelaskan, NPD 112 adalah program dari kementerian pusat. Namun ia mengakui baru pada akhir 2019 ini bisa dijalankan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Ia bilang, sambungan telepon layanan 112 telah terkoneksi dengan sejumlah OPD gabungan. Setiap institusi terdapat operator NPD 112. Operator bekerja selama 24 jam yang dibagi ke dalam tiga shift.

**Baca juga: Warung Nasi Uduk di Rawa Buntu Ludes Dilahap si Jago Merah.

Antara lain pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan; Badan Penanggulangan Bencana Daerah; Dinas Sosial; Dinas Kesehatan; Satuan Polisi Pamong Praja serta Dinas Perhubungan.

“Bahkan dengan TNI dan kepolisian juga sudah terkoneksi. Dengan rumah sakit tentu,” terang Airin.(yud)

Berita Terbaru