oleh

Kominfo Banten Belum Terima Hasil Seleksi Akhir KI

Kabar6–Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian(Diskominfotiksandi) Banten hingga kini belum menerima nama-nama calon anggota Komisi Informasi (KI) Banten periode 2019-2023.

Sebelumnya, Komisi I DPRD Banten telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 15 calon anggota KI Banten di Jakarta, untuk selanjutnya dikrucutkan menjadi 5 calon, sebelum nantinya diajukan kepada Gubernur Banten, Wahidin Halim untuk selanjutnya ditetapkan.

Berdasarkan data Diskominfotiksan Banten, ada 109 pendaftar, namun hanya 83 orang yang lolos seleksi administrasi.

Dari 83 orang itu, yang lolos tes computer assisted test (CAT) 45 orang. Lalu menyusut lagi menjadi 15 orang setelah tes psikologi dan wawancara.

Kepala Diskominfotiksandi Banten, Komari mengaku, hingga kini pihaknya belum menerima nama-nama hasil uji kelayakan dan kepatutan dari Komisi I.

“Yang jelas kemarin sudah dilakukan uji kelayakan oleh Komisi I di Jakarta, dan saya hadir di situ. Dan, menurut informasi hari ini akan disampaikan hasilnya entah langung ke Gubernur apakah disampaikan ke publik,” kata Komari, kepada wartawan, Kamis (5/12/2019).

Meski begitu, Komari mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Komisi I terkait penyerahan hasil seleksi tahap akhir.

“Tadi juga saya sempet konfirmasi, tapi karena waktunya mepet sama paripurna saya ke sini dulu dan sampai sekarang belum ada komunikasi lagi. Soal ada pertemuan atau tidak kita nunggu hasilnya saja dari DPRD Banten,” katanya.

Komari berharap, Komisi I DPRD Banten dapat secepatnya menyerahkan nama-nama calon anggota KI ke Pemprov Banten.

“Kalau sudah menyampaikan ke Gubernur baru akan kita tindak lanjuti sola pelantikan. Yang jelas minggu ini disampaikan, tapi lagi-lagi itu ortoritasnya di Komisi I,” katanya.**Baca juga: Hasil Reses Dewan Banten Disortir Pihak Eksekutif.

Terkait pelantikan anggota KI, pihaknya berharap pengukuhan tersebut dapat dilakukan pada akhir 2019. “Masih ada waktu satu bulan. Mudah-mudahan bisa. Tapi tergantung penyampaian dari Komisi I,” katanya.(Den)

Berita Terbaru