oleh

Kecerdasan Bisa Dilatih, Daftarkan Saja Anak Belajar Musik

Kbar6-Setiap orang tua tentu ingin memaksimalkan kecerdasan buah hatinya. Salah satu cara menyenangkan bagi anak-anak untuk menyeimbangkan kecerdasan otak kiri dan otak kanan adalah dengan berlatih musik. Musik bermanfaat untuk mengembangkan fungsi motorik dan kreativitas anak. Selain itu, anak juga akan terlatih untuk mengendalikan emosi, fokus, dan disiplin. Dengan kata lain, selain meningkatkan intelegensi, berlatih musik juga meningkatkan kecerdasan emosional anak.

Pandemi tidak menjadi halangan bagi anak untuk mendapatkan akses belajar musik profesional. Saat ini telah ada banyak kursus musik online dengan berbagai program materi menarik yang dapat disesuaikan dengan minat anak.

Kami telah menghubungi guru musik yang telah berpengalaman selama hampir 15 tahun, Andi Timoty yang saat ini menetap  di Citra Raya Maja, untuk mendapatkan informasi seputar belajar musik untuk anak. Berikut petikan telewawancara kami:

Redaksi (Red): Idealnya mulai umur berapa anak sebaiknya berlatih musik?

Andi Timoty (AT): Baiknya memulai pengenalan musik itu semenjak kecil, diajarkan untuk menyanyi dan mengenal ritme dulu. Sedangkan untuk mulai belajar instrumen, akan lebih ideal dilakukan ketika anak sudah bisa mengenal huruf dan angka.

Red: Apakah anak harus memiliki bakat musik untuk bisa bermain musik?

AT: Bakat itu menunjang dalam anak mengenal musik, tapi bukan yang utama. Yang utama diperlukan untuk berlatih musik adalah minat dan konsistensi anak dalam belajar.

Red: Berlatih alat musik apa saja yang direkomendasikan untuk anak-anak?

AT: Untuk memulai instrumen dari basic biasanya direkomendasikan dengan memulai dari instrumen piano, karena piano lebih umum dipunyai oleh orang banyak, dan bisa melatih motorik halus anak karena menggunakan tangan kanan dan kiri bersamaan.

Red: Seberapa efektif belajar musik secara online?

AT: Sama-sama efektif. Malah, kelebihan online bisa dilakukan tanpa batasan jarak. Di masa PPKM seperti ini dimana kita diharuskan untuk menghindari berkumpul maka pembelajaran musik online sangat berguna.

Red: Apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelum anak mulai berlatih musik online?

AT: Dalam belajar musik secara online, selain kita harus mempersiapkan instrumen yang akan dipelajari tentu kita harus mempersiapkan device sebagai alat komunikasi. Dalam konteks belajar piano, akan lebih baik jika menggunakan tripod / stand device overhead yang menghadap ke piano. ini diperlukan supaya instruktur bisa melihat jelas posisi tangan dan nada-nada yang murid tekan. selain itu juga diperlukan koneksi internet yang mumpuni agar pembelajaran online ini bisa menjadi lancar.

Banyak orang ragu belajar musik karena biayanya yang terkenal tinggi. Andi memaklumi hal ini. “Sampai akhir Juli ini cukup bayar Rp 300.000 untuk kursus online selama sebulan bagi siapa saja yang tertarik untuk belajar musik, langsung hubungi saya saja”.

Andi Timoty saat ini adalah guru musik profesional di SMA Citra Kasih. Sarjana musik lulusan terbaik di angkatannya ini telah berpengalaman mengajar musik di berbagai institusi, diantaranya: Jakarta Music School, Purwacaraka Music Studio, IMI Music School, dan Smart Wisdom School. Dapat informasi lebih lanjut  dapat dihubungi di 081325621201.(Nat)

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru