oleh

Isu Netralitas ASN dan Hoax Masih Menghantui Pilkada Serentak 2020, Termasuk Banten

Kabar6–Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) masih menjadi fokus Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada perhelatan pilkada serentak 2020 mendatang. Bukan hanya soal netralitas, Bawaslu juga memfokuskan diri terhadap pengawasan politik uang dan berita-berita hoax.

Diketahui, terdapat empat kabupaten/kota di Banten yang akan menyelenggarakan pilkada, yaitu Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang. Secara nasional, tercatat 270 daerah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada 2020 mendatang.

Komisioner Bawaslu RI Fritz Edward Siregar mengatakan, setidaknya terdapat tiga segmentasi yang masih menjadi fokus pengawasan Bawaslu pada pilkada serentak yaitu, netralitas ASN, TNI dan Polri, poltik uang dan ujaran kebencian (hoax).

“Kita melihat dari beberapa indeks kerawan pemilu (IKP) yang lalu, dugaan adanya netralitas ASN, TNI dan Polri, politik uang dan hoax masih mendominasi pelanggaran pidana pemilu pada pemilu 2020,” kata Fritz saat ditemui usai menjadi narasumber pada acara eksaminasi Undang-undang Pemilu dan Undang-undang Pemilu di salah satu Hotel di Kawasan Cipocok Jaya, Kota Serang, Senin (25/11/2019).

Saat ditanya IKP untuk pilkada 2020 mendatang, Fritz mengaku belum bisa menyebut apa saja yang menjadi indikator kerawanan pemilu. Ia beralasan, dalam menentukan IKP harus melakukan survey ke lapangan.

**Baca juga: Gaji Guru Honor Belum Manusiawi, Pemerintah Tak Serius Tegakkan UU Guru Dan Dosen.

“Saya belum bisa banyak omong. Karena kita harus melihat data dari daerah. Kita harus turun ke lapangan, interview (wawancara), lalu dikompilasi mana (daerah) yang dineks (kerawanan) tinggi. Tapi yang jelas IKP akan kita luncurkan pada Januari 2020 mendatang,” jelasnya.(Den)

Berita Terbaru