oleh

ASI Untuk Kejayaan Generasi Anak

Kabar6-Hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balingkes), membuktikan betapa pentingnya Air Susu Ibu (ASI).

Anak-anak yang tidak diberi ASI mempunyai IQ (Intellectual Quotient) lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang diberi ASI eksklusif.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdes 2010), bayi yang mendapatkan ASI eksklusif sampai dengan 6 bulan, hanya 15.3 persen.

Hal itu diungkapkan Ferry Suranto, Manager Kesehatan PKPU. Menurutnya, untuk kejayaan generasi dimasa yang akan datang, pentingnya peran ASI di usia emas untuk mencukupi kebutuhan gizi anak.

“Talkshow dan edukasi parenting ini dilakukan untuk mensosialisasikan pentingnya ASI bagi kecukupan gizi anak,” katanya kepada kabar6.com, disela-sela talkshow hasil kerjasama Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU dengan Majelis Taklim Al Mizan & Az Zahra, di Teraskota BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (25/10/2014).

Dalam pemberian ASI ini, peran serta orangtua dan lingkungan sangatlah penting. Tak ketinggalan, pola asuh memiliki peranan sama untuk mendukung keberhasilan dalam menyusui.

“Peranan masing-masing stakeholder dalam membantu keberhasilan menyusui, menggali pengalaman, dukungan ayah dan ibu serta keterlibatan pola asuh dalam mendukung keberhasilan menyusui,” paparnya.

Ferry juga menegaskan, dengan talkshow ini diharapkan dapat membuka cakrawala masyarakat di Tangsel dan sekitarnya.

Digaris bawahi, ASI perlu diupayakan untuk bayi. Dan, perlu sinergisitas antar semua pihak terkait untuk mencapai SDM cerdas. **Baca juga: Metode EVAR Solusi Tepat Pada Penyakit Saluran Darah.

Sehingga pada pertumbuhan kedepannya, sang harapan bangsa dapat menjadi generasi emas yang membawa kemajuan negeri tercinta ini.(asri)

Berita Terbaru