oleh

Sstt…Hindari Tanyakan 5 Hal Ini Pada Orang Jepang

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jepang memang negara unik yang penduduknya terkenal sangat taat pada hukum. Namun selain beberapa hal yang sudah Anda ketahui tentang Jepang, mungkin terdapat juga hal lain yang belum Anda tahu. Salah satunya adalah terdapat anjuran agar tidak menanyakan atau mengucapkan lima tertentu pada orang Jepang. Dikutip dari Wowmenariknya, ini dia lima hal yang dimaksud:

1. Mengucapkan ‘Ni-Hao’
Ni-Hao adalah bahasa Tiogkok yang biasa digunakan untuk menyapa seseorang. Beberapa orang memang tidak bisa membedakan antara turis Jepang dan Tiongkok. Mungkin Anda akan menggunakan kata ‘Ni-hao’ ketimbang kata ‘Konnichiwa’ saat berpapasan.

Orang Jepang akan kesal jika ada seseorang yang menyapa mereka dengan menggunakan kata Ni-Hao, karena mereka teringat akan sebuah insiden yang terjadi pada salah seorang penyanyi asal Jepang bernama Gackt di sebuah hotel di Prancis.

Jadi jangan sampai salah mengucapkan kata terlarang itu ke orang Jepang. Kalau pun memang tidak bisa membedakan wajah turis Jepang dengan Tongkok, Anda cukup menggunakan kata ‘Hallo’ untuk menghindari kesalahpahaman tersebut.

2. Menanyakan “Anda orang Jepang ya?” kepada orang Okinawa
Okinawa merupakan suatu kota yang ada di wilayah Jepang, terkenal karena warganya yang bangga dengan budaya yang telah turun temurun. Seperti halnya orang Hawaii yang tidak mau disebut orang Amerika, orang di Okinawa pun tidak suka jika mereka disebut sebagai orang Jepang. Jadi apabila Anda berkunjung ke Okinawa, sebaiknya Anda jangan pernah mengatakan pertanyaan tersebut kepada mereka.

3. Pertanyaan tentang Kaisar
Mungkin banyak orang asing yang mempertanyakan dan penasaran dengan kerajaan di Jepang yang masih ada hingga saat ini. Dan tanpa disadari, Anda akan bertanya kepada orang-orang lokal tentang hal tersebut.

Tapi jika Anda menanyakan pertanyaan tersebut kepada orang lokal di sana, itu akan membuat situasi menjadi canggung karena pada umumnya orang Jepang ingin melupakan apa yang telah terjadi pada zaman kekaisaran terdahulu di mana banyak hal-hal yang tidak ingin diingat oleh penduduk di sana.

4. Pertanyaan tentang meditasi
Meskipun sebagian besar warga Jepang merupakan penganut agama Buddha dan Shinto, bukan berarti mereka selalu melakukan meditasi setiap hari. Karena itulah jika diberi pertanyaan seperti itu, akan membuat mereka menjadi terpojokkan.

5. Pertanyaan seputar Kuil Yasukuni
Kuil Yasukuni adalah sebuah tempat yang terbilang kontroversial. Kuil ini digunakan untuk menghormati orang-orang yang pernah bertarung demi Jepang. Namun ternyata kuil ini menjadi dilema karena merepresentasikan negara-negara lain.

Hal tersebut karena nama-nama yang diabadikan di kuil ini bukan hanya yang sudah bertarung demi Jepang saja, namun juga para kriminal yang pernah mencoba menghancurkan Jepang.

Membahas hal-hal yang berkaitan dengan sosiopolitik merupakan sesuatu yang tidak disukai orang Jepang. Selain karena tidak nyaman untuk mengungkapkan pendapatnya, topik tersebut juga merupakan topik yang sensitif bagi orang Jepang. ** Baca juga: Monyet Terkecil di Dunia Ini Lahirkan Bayi Kembar Seberat 15 Gram

Jadi pilih topik yang netral saja, ya.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email