oleh

Waspada Rubella, Kabupaten Tangerang Mulai Gerakan Imunisasi

image_pdfimage_print
Imunisasi virus Rubella di SDN 3 Pasar Kemis.(shy)

Kabar6-Perang terhadap Rubella kian gencar dilkakukan di tanah air. Ya, Rubella atau disebut juga campak Jerman adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Virus ini menyebar melalui droplet bersin atau ingus orang yang terinfeksi.

Di Kabupaten Tangerang, pencegahan virus Rubella ini dilakukan lewat imunisasi terhadap anak usia 0 sampai 15 tahun.

Seperti yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang Selasa (1/8/2017) hari ini, dengan menggelar imunisasi terhadap ratusan murid di SDN 3 Pasar Kemis, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Selasa (1/8/2017).

“Anak-anak sangat mudah terkena virus Rubella. Penyakit ini harus kita tekan, karena sangat mudah menyebar,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang, Dessyriana.

Diketahui, gejala utama rubella adalah ruam yang warna merah muda khas. Dimulai dengan bintik-bintik, yang bisa gatal, sebelum menyebar dari belakang telinga ke kepala dan leher dan kemudian bagian lain dari tubuh bagian atas. Ruam biasanya berlangsung sampai seminggu.

Adapun gejala utama lainnya adalah pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar telinga dan belakang kepala, badan panas/suhu tinggi mencapai 38oC atau lebih dan badan menggigil. Gejala yang kurang umum lainnya pada orang dewasa adalah arthritis dan arthralgia (peradangan dan nyeri sendi).

Dalam kasus yang jarang terjadi rubella dapat mengakibatkan komplikasi serius. Dalam satu dari 6.000 kasus, rubella dapat menyebabkan radang otak, dalam satu dari 3.000 kasus, rubella dapat mempengaruhi pembekuan darah. Masa inkubasi rubella adalah 14-21 hari, kebanyakan orang mengalami ruam antara 14-17 hari setelah paparan.**Baca juga: Domisili Fiktif, OPD Penerbit Surat Izin di Tangsel Harus Dibenahi.

Sementara, Camat Pasar Kemis, Nawawi mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat mencegah virus campak diwilayah Pasar Kemis.**Baca juga: Polresta Tangerang Sita Ratusan Botol Miras.

“Ada 22.783 anak umur 0-15 tahun yang nantinya akan dimunisasi dan gratis,” tutupnya.(Shy)

Print Friendly, PDF & Email