oleh

Calo PPDB di Tangerang Ngaku Anggota LSM dan Wartawan

image_pdfimage_print
Tanda pengenal oknum calo PPDB di Tangerang. (tia)

Kabar6-WS (39), salah satu pelaku percaloan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Tangerang mengaku sebagai anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan wartawan salahsatu media.

“Ya, WS mengaku terdaftar sebagai anggota LSM Team Operasional Penyelamatan Aset Negara (Topan) dan wartawan media Tera Konsumen Nusantara Online dengan menunjukkan kartu persnya untuk meyakinkan korban,” ujar Kapolsek Jatiuwung, Kompol Agung Budi Leksono, Jumat (14/7/2017).

Agung menjelaskan, WS yang mengaku memiliki kenalan ‘orang dalam’ di sekolah favorit tersebut sempat melarikan diri ke Palembang. Namun, berhasil diringkus pada Rabu (12/7/2017) lalu.**Baca Juga: Tiga Calo PPDB di Tangerang Dibekuk Polisi

“Pelaku ini mendapatkan jatah paling besar yakni Rp18 juta lalu melarikan diri ke Palembang. Dari pengakuannya, ia menggunakan uang tersebut untuk membiayai empat istri dan 10 anaknya,” jelasnya.

Sementara, kedua rekannya, yakni BH dan Z yang turut terlibat dalam aksi percaloan tersebut hanya mendapatkan upah sebesar Rp2 juta.**Baca Juga: Ngaku ‘Smart City’ Situs PPDB Tangsel Susah Diakses

Untuk diketahui, jajaran Polsek Jatiuwung berhasil meringkus tiga pelaku percaloan PPDB Kota Tangerang yang telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak tahun 2016.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama empat tahun penjara.(tia)

Print Friendly, PDF & Email