oleh

Heboh! Stempel Batu Giok dari Zaman Kaisar Tiongkok Laku Rp292 Miliar

image_pdfimage_print
Stempel dari Dinasti Qing.(Shanghaiist)
Stempel dari Dinasti Qing.(Shanghaiist)

Kabar6-Sebuah stempel milik Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing, laku terjual seharga Rp292 miliar dalam sebuah lelang. Pemenang lelang yang tidak disebutkan namanya itu merupakan seorang kolektor asal Tiongkok.

Proses lelang yang dilakukan oleh Pierre Berge & Associes, Paris, itu berjalan selama 15 menit. Dilansir Shanghaiist, stempel seukuran telapak tangan tersebut dihiasi ukiran sembilan naga yang merupakan lambang kekuasaan tertinggi di zaman kekaisaran Tiongkok, terbuat dari batu giok warna merah dan putih.

Sebenarnya stempel itu merupakan koleksi pribadi. Seorang dokter Angkatan Laut Prancis mendapatkannya saat tinggal di Tiongkok pada abad ke-19. ** Baca juga: Nyeleneh, Sarah Rancang Gaun dari Ikan Mentah

Sementara itu benda lain yang dilelang adalah stempel kayu milik Kangxi, kakek Kaisar Qianlong, terjual seharga Rp157 miliar. Diketahui, stempel dan benda-benda antik sepanjang era kekuasaan Dinasti Ming dan Dinasti Qing memang banyak dicari saat ini.

Ada dua kategori peminat stempel, yaitu mereka yang mengincar stempel sebagai lambang kekuasaan, serta mereka yang sebatas ingin menjadikan koleksi pribadi.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email