oleh

Ubah Ukuran Piring & Sendok Bisa Bikin Anda Makan Berlebih

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kebiasaan makan berlebih tidak hanya disebabkan oleh nafsu makan yang tinggi atau pola makan yang kurang disiplin. Ada faktor lain yang mungkin belum Anda ketahui.

Jika penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa makan di piring besar dapat meningkatkan jumlah makanan yang Anda konsumsi, sebuah studi baru dari Inggris kembali menegaskan hal itu dan mencoba melihat efeknya lebih detail.

Peneliti, dikutip dari Health Kompas, menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang disajikan pada piring besar atau menggunakan sendok dengan ukuran besar, sama-sama berpotensi membuat seseorang mengasup hingga 500 kalori tambahan setiap harinya.

Para peneliti dari University of Cambridge, selain mengulas 61 studi sebelumnya, juga melibatkan sekitar 6.700 partisipan asal Inggris dan Amerika untuk mendapatkan hasil terbaru.

Ditemukan, orang-orang secara konsisten mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman ketika disajikan dalam piring serta gelas ukuran besar, ketimbang saat mereka menikmatinya dalam peralatan makan kecil.

Mereka pun cenderung lebih banyak makan saat menggunakan sendok berukuran besar. Dengan menggunakan ukuran piring, gelas, atau sendok yang lebih besar, partisipan asal Amerika mengasup 527 kalori lebih banyak per hari dan 279 kalori lebih banyak bagi partisipan asal Inggris.

“Temuan kami menyoroti peran penting pengaruh lingkungan pada banyak atau sedikitnya konsumsi makanan,” kata penulis Dr. Gareth Hollands.

Mengurangi ukuran peralatan makan, dikatakan Hollands, baik yang dijual di toko atau disajikan di restoran maupun di rumah, dapat menjadi cara yang baik untuk membantu banyak orang terhindar dari risiko makan berlebihan.

Para peneliti mengatakan, perubahan kecil saja seperti mengubah ukuran gelas, sendok serta garpu, dan peralatan makan lain yang digunakan, lalu pengemasan ulang produk menjadi lebih kecil, bisa membantu mengurangi konsumsi makan berlebihan setidaknya 16 persen di Inggris dan 29 persen di Amerika.

Gunakan piring salad yang kecil sebagai pengganti piring makan besar jika Anda ingin makan. Sama halnya dengan sendok atau garpu, ukuran kecil lebih baik untuk mencegah makan berlebihan. Kemungkinan Anda akan menghemat lebih dari 500 kalori per hari atau setara dengan 0,4 kilogram seminggu. ** Baca juga: Mengapa Mulut Berbau Pada Pagi Hari?

Yuk, lakukan mulai sekarang.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email